Palak Solar di Kapal, Komplotan Preman Sungai Barito Digaruk Polair

0

JAJARAN Direktorat Polair Polda Kalsel meringkus 11 pria yang kerap melakukan tindak kejahatan di perairan Sungai Barito. Dalam aksinya, para pelaku meminta solar secara paksa kepada kru kapal yang melintas dengan dalih uang pengamanan.  Belasan pelaku ini, merupakan tiga komplotan berbeda yang memiliki wilayah operasi masing-masing. Yakni, perairan Ulu Benteng, Sungai Kali, dan Jambu Tengah Kuripan.   

KASUBDIT Gakkum Ditpolair Polda Kalsel, AKBP Febrianto Widhu mengatakan, penangkapan para pelaku setelah banyak laporan korban yang resah. Karena, dalam aksinya, meski tidak membawa senjata tajam, mereka mengancam mendatangi korban dengan massa lebih banyak, bila tidak diberi solar.

“Informasi dari korban, bila tidak diberi solar, mereka dihadang massa yang lebih banyak,” kata Febrianto kepada wartawan di Banjarmasin, Rabu (12/4/2017).

Seorang pelaku, Aji mengaku mendapat upah Rp 200 ribu setiap kali aksinya. Sehari, komplotannya bisa mendapat solar satu hingga tiga jerigen. Menurut Aji, aksi mereka atas perintah bosnya sebagai uang keamanan. “Tidak semua kapal dimintai solar. Hanya kapal yang belum bekerjasama dengan bos yang kami datangi,” kata Aji. Dari tiga komplotan ini, polisi menyita enam jerigen berisi solar sebagai barang bukti. Para pelaku, dijerat Pasal 368 KUHP dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.(jejakrekam)

Penulis  : Deden

Editor    : Didi G Sanusi

Foto      : Iman Satria

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.