Diguyur Hujan Dua Malam, Tanah Bergerak, Gudang Desa Layap Terseret Longsor

0

TINGGINYA curah hujan yang membasahi wilayah Kecamatan Paringin Kota, Kabupaten Balangan dari Senin (10/4/2017) malam, hingga Selasa (12/4/2017) dinihari, membuat satu buah bangunan gudang yang berada di Desa Layap, Kecamatan Paringin, hampir ambruk karena tanah longsor.

BERUNTUNG tak ada korban jiwa. Ini karena rumah yang berada di pinggir jalan itu sudah lama tak berpenghuni, dan hanya dimanfaatkan sebagai gudang penyimpanan barang inventaris desa.

Abdul Sukur, salah seorang warga Desa Layap mengatakan, saat merasakan tanah bergerak dan mendengar suara gaduh, ia langsung memboyong keluarganya keluar rumah karena takut terjadi apa-apa.Benar saja, gudang yang tepat berada di sebelah rumahnya itu ternyata sudah dalam posisi miring, hampir terjatuh ke sungai.

“Warga lain yang berdatangan lalu bergotong royong menyelamatkan inventaris desa yang ada dalam gudang, sebelum gudang longsor masuk sungai,” ujar Abdul Sukur kepada jejakrekam.com, Selasa (12/4/2017).

Untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa akibat kejadian yang sama,  warga sekitar longsor diimbau pihak kepolisian untuk mengungsi sementara waktu ke tempat yang lebih aman.

Menyikapi terjadinya musibah ini, tim dari Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan langsung mendatangi lokasi kejadian.

“Selain mencek secara langsung kondisi terkini lingkungan akibat longsor, guna melakukan antisipasi dini yang bisa dilakukan,” ujar Muhammad Syuhada, Kasi Kedaruratan pada BPBD Balangan.

Menurut Syuhada, meski dalam musibah ini tidak ada korban jiwa, tapi satu keluarga yang terdiri dari tiga jiwa termasuk seorang balita terpaksa diungsikan ke rumah keluarga, karena rumahnya berdekatan dengan bangunan yang kena longsor.

“Kami juga menyerahkan bantuan berupa paket  kesehatan, sembako dan perlengkapan bayi bagi para korban.  Kami juga mengimbau bagi warga khususnya yang tinggal di bantaran sungai, agar lebih waspada terlebih saat hujan lebat terjadi, karena bisa terjadi longsor,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis   : Sugianoor

Editor     : Didi G Sanusi

Foto        : Sugianoor

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.