Landasan Pacu Diperbaiki, Jam Operasional Syamsudin Noor Dibatasi

0

TERHITUNG  awal April 2017 ini. landasan pacu Bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru, kembali harus diperbaiki akibat terjadi penurunan. Perbaikan yang diperkirakan hingga pertengahan Juli 2017 nanti, menyebabkan jam operasional bandara dibatasi.

HAL ini dikatakan PTS General Manager Syamsudin Noor,  Ruly Artha di Banjarbaru, Jumat (7/4/2017). Menurutnya, perbaikan berupa overlay runway atau penebalan dan perkerasan permukaan landasan pacu 10 – 28 yang berdimensi panjang 2.220 m serta lebar 45 meter.

Ia mengatakan perbaikan landas pacu seperti ini, sebetulnya lazim dilakukan. Karena, bandara di Indonesia serimg menghadapi masalah yang sama.  Yakni, menurunnya kondisi struktural dan fungsional dari sistem perkerasan fasilitas sisi udara seperti runway, taxiway, dan apron.

“Perbaikan sebelumnya, terakhir dilaksanakan tahun 2011 silam. Perbaikan ini demi meningkatkan keselamatan penerbangan” kata Ruly.  Untuk perawatan, masih menurut Ruly,  pihaknya rutin pengecekan tiga kali setiap harinya. Jika ada titik rawan akan langsung diperbaiki untuk menjaga kualitas pelayanan.

Selama perbaikan ini, Bandara Syamsudin Noor menerbitkan Notice to Airman (NOTAM) terkait Work in Progress (WIP) atau pembatasan jam operasional pada pukul 24.00 Wita hingga pukul 04.00 Wita.  Overlay runway ini, telah melalui serangkaian persiapan dan sosialisasi yang juga melibatkan regulator serta mitra kerja, mulai dari maskapai hingga Air Navigation.(jejakrekam)

Penulis   : Deden

Editor     : Didi G Sanusi

Foto       :  Deden

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.