Ada Insiden Lepasnya Panel Baliho, Baru Balai Kota Keluarkan Aturan Tegas

0

BEGITU ada media reklame bermasalah, Pemkot Banjarmasin baru bergerak. Insiden lepasnya panel di billboard yang membentang di atas Jalan Achmad Yani Km 2 depan Duta Mall Banjarmasin yang telah meminta korban pengendara sepeda motor yang luka-luka, membuat mata para pejabat di Balai Kota akhirnya terbuka.

SEKRETARIS Daerah Kota (Sekdakot) Banjarmasin, Hamli Kursani yang langsung mengecek ke lokasi kejadian terlepas papan panel salah satu billboard raksasa di ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini, langsung mengeluarkan perintah. Meski insiden itu belum menelan korban jiwa, toh instansi terkait langsung menggelar rapat mendadak di ruang kerjanya di Balai Kota Banjarmasin, Rabu (5/4/2017). Apa saja keputusannya?

“Berdasar kesimpulan rapat, instansi terkait harus segera melayangkan surat ke seluruh pemilik baliho yang ada di Banjarmasin untuk melakukan pengecekan ulang konstruksi bangunan baliho yang ada. Artinya, seluruh baliho yang terpasang harus mendapat rekomendasi dari instansi teknis menguji kelayakannya,” ujar Hamli Kursani kepada wartawan di Balai Kota Banjarmasin.

Tak hanya itu, Hamli menegaskan seluruh pemilik baliho berkewajiban untuk melaporkan materi tayangan iklan yang dipasang di media reklame berstruktur kerangka besi itu. “Jadi, kita bisa mengetahui apa materi reklamesnya. Jadi, bisa dilihat apakah melanggar etika atau tidak,” cetus mantan Kepala Dinas Tata Kota Banjarmasin ini.

Mengenai aspek keamanan dan keselamatan warga, khususnya pelintas jalan, Hamli menegaskan tak boleh lagi pemilik baliho yang mendapat order reklame mengganti materi iklan di baliho pada siang hari. “Kami minta pergantian itu dilakukan pada malam hari dan harus dijaga,” tegasnya.

Insiden lepas panel billboard di depan pusat perbelanjaan di Banjarmasin terjadi sekira pukul 14.00 Wita, saat pengendara sepeda motor terkejut ketika salah satu panel itu terlepas, hingga menimpanya. Meski pengendara motor itu akhirnya mendapat perawatan medis, toh insiden ini menjadi pemicu para pengambil kebijakan di Balai Kota Banjarmasin mengambil tindakan tegas.(jejakrekam)

Penulis   : Didi G Sanusi

Foto       :  Humpro Banjarmasin

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.