Sampai Jumpa di Haulan ke-13, Ajaran Guru Sekumpul Diamalkan Para Muridnya

0

BANYAK kesan yang mendalam dirasakan para jamaah saat menghadiri haul akbar ke-12 Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghoni yang dikenal dengan sebutan Guru Sekumpul pada Ahad (2/4/2017). Tak hanya jutaan umat yang berdatangan memenuhi Komplek Ar Raudhah, Martapura, namun keberkahan ilmu serta kenangan yang begitu menancap bagi para penuntut ilmu di majelis yang pernah diasuh Guru Sekumpul.

SEORANG jamaah, Rismawati, warga Martapura ini mengaku ketika menghadiri haul akbar yang dihadiri ratusan ribu hingga jutaan umat ini menandakan betapa berkah dan mulianya posisi Guru Sekumpul dalam benak hati para pencintanya. “Walau sudah ditinggalkan beliau selama 12 tahun, kami merasa beliau masih hadir dan memberi kenangan yang tak bisa dilupakan. Semua ini adalah karunia Allah SWT yang diberikan kepada beliau,” ujar Rismawati yang juga relawan 14333 Martapura ini.

Begitupula Yasin yang mengaku datang dari Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS)  ini, hampir tiap tahun tak pernah absen menghadiri haul Guru Sekumpul. “Dari semua haulan yang diselenggarakan tiap tahun, rata-rata jamaah yang datang tak terhitung. Ya, seperti sekarang yang mungkin jumlahnya jutaan orang,” kata Yasin.

Sedangkan, H Hasan, warga Banjarmasin ini mengaku selalu teringat pesan Guru Sekumpul dalam setiap pengajian di Majelis Ar Raudhah Sekumpul, agar menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT, serta mengajarkan sunnah Rasullullah SAW. “Kami selalu amalkan pesan beliau, walaupun tak terasa sudah 12 tahun kami berpisah dengan beliau. Kami selalu menuntut ilmu agama, berbakti kepada orangtua, serta menghormati para habaib dan ulama,” ujar Hasan, sambil menitik airmata.

Ia berjanji dalam haulan ke-13 pada 5 Rajab 1439 Hijriyah mendatang, jika masih diberi kesempatan umur oleh Allah SWT, akan kembali ke Sekumpul untuk bersama para pencintanya, shalat berjamaah, melantunkan ayat suci Alqur’an dan bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW yang diajarkan Guru Sekumpul.

Sementara itu, Ahmad Zaki mengungkapkan usai shalat Isya berjamaah, dan tanda berakhirnya prosesi haulan ke-12 Guru Sekumpul, para jamaah yang mencapai ratusan ribu hingga jutaan itu beranjak pulang. “Kalau dari antrean yang ada dan banyak jamaah, mungkin baru pukul 24.00 Wita, baru Sekumpul akan kembali lengang,” ujar Zaki.(jejakrekam)

Penulis   : Didi GS/Sira Awdi

Foto       : Ahmad Zaki

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.