Sungguh Melegakan, Kouta Haji Kalteng Bertambah Jadi 1.617 Jamaah

0

KABAR gembira bagi warga Kalimantan Tengah yang hendak menunaikan rukun Islam yang kelima, khususnya bagi yang sudah masuk dalam daftar tunggu calon jamaah haji (CJH). Pasalnya mulai tahun 2017 ini, akan ada penambahan kuota haji untuk Provinsi Kalimantan Tengah sebanyak 1.617 dari kuota asal hanya 1.349 CJH.

NAMUN untuk penetapan kuota haji, masih menunggu daftar estimasi CJH yang masuk dalam kuota tersebut, termasuk tambahan sebanyak 10 ribu kuota.”Sampai saat ini belum kami terima daftar estimasi. Tetapi yang sudah diterima dan diproses masih yang sebanyak 1.080 saja. Bisa jadi, kalau itu dikembalikan seperti awal, akan ada tambahan porsi. Tapi masih menunggu kepastian pusat,”kata Kepala Bidang Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah, H Ubaidillah Ahmad, di Palangkaraya, Senin (27/3/2017).

Dijelaskan Ubaidillah, sebelum ada tambahan kuota 1.617 jamaah, selama bertahun-tahun, Kalteng hanya dapat memberangkatkan rata-rata sebanyak 1.349 jamaah. Setelah ada pemangkasan kuota sebesar 20 persen, cuma sebanyak 1.080 jamaah.

Diakuinya, memang dengan adanya penambahan kuota haji pada tahun ini, secara otomatis akan memangkas masa antrean daftar tunggu berangkat haji, sekitar 2-3 tahun, yang saat ini sudah mencapai 25 ribu calon jamaah.
“Memang kami sudah menyampaikan bagi para calon jamaah yang masuk dalam kuota sebanyak 1.617, tetapi belum berani memastikan siapa saja karena masih menunggu dari pusat,”ujarnya.
Pemberangkatan calon jamaah haji secara nasional, kelompok terbang (kloter) pertama dijadwalkan pada 28 Juli 2017. Tetapi, untuk Kalteng, akan masuk kloter berapa, setelah dilakukan rapat finalisasi jadwal pemberangkatan calon jamaah haji.(jejakrekam)

Penulis  :  Tiva Rianthy

Editor   :   Didi G Sanusi

Foto     :    Tiva Rianthy

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.