Sambut Bulan Rajab, Habib Muhammad Segaf Ingatkan Umat Islam Jaga Ketaatan

1

TEPAT Selasa (28/3/2017) malam, memasuki 1 Rajab 1438 Hijriyah, ribuan jamaah langsung memadati dan memutihi Masjid Noor Banjarmasin. Mereka mendapat pencerahan dari ulama muda Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah, Bangil, Pasuruan, Jawa Timur, Habib Muhammad Segaf bin Hasan Baharun.

PERINGATAN Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Masjid Noor di Jalan Pangeran Samuderan ini, diawali dengan pembacaan syair maulid Habsyi yang dilantunkan ribuan jamaah yang memadati kawasan itu, hingga meluber ke jalan. Suasana makin hening dan khidmat, ketika lantunan ayat suci Alqur’an dibacakan Qari HM Abduh Amri, hingga para jamaah yang hadir begitu khusyuk. Sejumlah alim ulama dan para habaib, seperti Rais Syuriah PWNU Kalsel KH Ahmad Sofian, Habib Ali Haidir Alkaff turut larut dalam ribuan jamaah.

Dalam ceramahnya, Habib Muhammad Segaf bin Hasan Bahrun mengingatkan agar umat Islam patuh dengan para ulama, guru-guru agama dan sering berkumpul dengan orang-orang saleh. “Nah, jika berkumpul dengan alim ulama dan orang-orang saleh, berarti juga berkumpul dengan Rasulullah SAW,” ujar Habib Muhammad Segaf.

Murid kesayangan Habib Zein bin Smith (Ribath Madinah) ini juga mengungkapkan keberkahan dari bulan Rajab yang banyak disebutkan dalam berbagai hadits dan riwayat, seperti adanya keinginan Nabi Musa AS untuk menjadi umatnya Nabi Muhammad SAW, karena keutamaan umat akhir zaman serta hadiah yang diberikan Allah seperti bulan-bulan yang dihormati. Habib Muhammad Segaf bin Hasan Bahrun ini juga mengutip bahwa Nabi Muhammad SAW akan selalu membalas kebaikan umatnya yang selalu bershalawat, bahkan Rasulullah SAW selalu mendoakan umatnya.

Putra pendiri Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah Habib Hasan Bahrun juga mengisahkan betapa dalamnya kecintaan para sahabat Nabi Muhammad SAW terhadap kekasihnya itu. Tak mengherankan, begitu mendengar Rasulullah SAW sudah tiga hari tak makan, para sahabat langsung menangis. Nah, kecintaan terhadap Rasulullah SAW ini kembali ditekankan Habib Muhammad Segaf agar terus dipupuk dan terus menjalankan sunnahnya, khususnya ajaran dari Kitab Suci Alqur’an.

Ia juga berpesan agar umat Islam selalu menuntut ilmu agama serta meningkatkan ibadah serta menjaga keluarganya agar selalu taat kepada Allah SWT. “Barang siapa semasa hidupnya berbuat baik, niscaya akhirnya hidupnya akan baik. Sebaliknya, barang siapa semasa hidupnya berbuat buruk, maka akhir hidupnya juga akan begitu,” tutur Habib Muhammad Segaf menyitir salah satu bunyi hadits Rasulullah SAW.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Peringatan Isra Mi’raj Masjid Noor Banjarmasin, H Hardiyanoor mengungkapkan acara yang begitu khidmat dan dihadiri ribuan jamaah itu terlaksana, semua berkat bantuan dari para pedagang di Pasar Ujung Murung dan Pasar Sudimampir, serta dermawan lainnya. “Saya tak bisa sebutkan satu per satu. Semoga dengan kedermawaan mereka itu segala hajatnya dikabulkan Allah SWT,” ucap H Anang, sapaan akrab pedagang Pasar Sudimampir ini.(jejakrekam)

Penulis  : Sira Awdi

Editor    : Didi G Sanusi

Foto      : Sira Awdi

 

1 Komentar
  1. aisyah m yusuf berkata

    Rasulullah Salallahu –
    Alaihi Wa Sallam, bersabda, “ada tiga hal yang siapa
    saja di dalamnya tentu akan ia temukan manisnya iman:
    apabila Allah dan Rasul-Nya lebih dicintainya
    ketimbang yang lain, mencintai seseorang hanya
    karena Allah, dan benci untuk kembali pada kekafiran
    laksana ia benci jika dicampakkan ke dalam api neraka
    “.(HR Bukhari)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.