Husairi Abdi

Usai Digeledah, Para Narapidana Lapas Amuntai Diajak Senam Bersama

0

DI TENGAH hujan yang deras mengguyur Kota Amuntai, secara mendadak 18 petugas terdiri pejabat eselon IV dan satuan tugas (satgas) keamanan dan ketertiban Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Amuntai langsung menggelar razia. Mereka menggeledah kamar hunian warga binaan pada Jumat (24/3/2017) malam, dari pukul 21.00 hingga 23.30 Wita.

PENGGELEDAHAN ini dimaksud agar segala potensi gangguan keamanan dan ketertiban seperti adanya senjata tajam, obat-obatan terlarang dan lainnya tak berada di kamar para penghuni Lapas Amuntai. Satu per satu kamar para narapidana dan tahanan ini digeledah petugas. Dimulai dari kamar nomor 8, 9 hingga 17, serta para penghuni disuruh keluar untuk diperiksa badannya.

Kepala Lapas Kelas IIB Amuntai, Muhammad Arsyad pun menasihat para penghuni penjara itu. Sedangkan, para petugas langsung memeriksa lemari, tempat tidur, kamar mandi, serta plafon yang tak luput dari razia mendadak itu. Hingga akhirnya, ditemukan dari tiga kamar itu beberapa handpone, pemantik api, terminal listrik buatan, kabel listrik, pisau buatan dan lainnya.

Menariknya, begitu Sabtu (25/3/2017) usai digeledah, para penghuni Lapas Amuntai ini diajak senam bersama yang dipandu Kepala Seksi Perawatan Narapidana Akhmad Sardaniansyah dan pejabat lainnya seperti Kepala Kesatuan Pengamanan Riyadi serta Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban Sabirin Mukhtar. Dengan diiringi musik para WBP mengikuti senam dengan gembira dan semangat.

Usai senam, kembali Kalapas Amuntai M Arsyadh memberikan arahan bahwa akan ditertibkan kembali jumlah pakaian bagi setiap warga binaan, agar nantinya tidak lagi terdapat pakaian-pakaian bergelantungan dan terbuang karena tidak terpakai. “Setiap warga binaan boleh membawa pakaian secukupnya sesuai aturan dan kelebihan pakaian bisa dititipkan ke petugas pembinaan (registrasi) atau diserahkan kembali kepada kerabat keluarga masing-masing,” ujar Arsyad.

Riyadi menambahkan agar para warga binaan dapat menjaga kebersihan lingkungan baik dalam maupun luar kamar serta lapangan. “Dengan lingkungan yang bersih akan menghindarkan dari berbagai penyakit. Kami berharap masuk kesini berbadan sehat dan saat keluar pun nantinya tetap sehat,” ujarnya.(jejakrekam)

Sumber : Rilis Lapas Kelas II B Amuntai

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.