Kangen Sate Birayang, Ayo Kunjungi Bazar UMKM Bank Kalsel

0

SIAPA tak kenal sate. Kuliner khas Indonesia ini terkenal hingga keluar negeri. Bumbu khasnya selalu bikin kangen. Tak heran jika sate salah satu kuliner favorit Indonesia, tidak terkecuali di Kalimantan Selatan. Beragam olahan sate ada di Banua, mulai sate Haji Suri Martapura hingga sate Birayang.

SAJIAN sate di sini berbumbu masak Habang (merah) dan jadi teman nasi sop (soto dengan nasi). Di Barabai, khususnya di Kecamatan Birayang, ada juga sate itik yang nikmat dengan bumbu kecap sederhana seperti sate kambing. Hem, soal rasa bikin lidah menari. Bagaimana pencinta kuliner yang ada di Banjarmasin? Tentu saja mereka kangen untuk menikmati empuknya daging ayam dan kambing yang dibakar. Ups, tak perlu jauh-jauh sebab pada Jumat (24/3/2017) ini, Anda cukup mengunjungi Bazar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Bank Kalsel.

Ya, di ulang tahunnya yang ke-53 Bank Kalsel, menggelar bazar rakyat, termasuk menyajikan beragam kuliner khas Banua. Salah satunya adalah sate Birayang yang terkenal itu. Sate ini pun bakal hadir dalam Pahelatan Mangganang Banua Mengangkat UMKM dan kulinernya. Sate Birayang adalah salah satu masakan yang dipamerkan dalam Bazar UMKM di kawasan Titik Nol Kilometer, Jalan Jenderal Sudirman Banjarmasin atau depan kantor Gubernuran Kalsel yang lama.

“ Nah, jika pian-pian kaganangan (kangen,red) wan Sate Birayang, silakan mampir ke Bazar UMKM Bank Kalsel.Karena di sana aneka masakan atau kuliner Banua dipamerkan. Selain sate birayang, ada pula hasil olahan fenomenal yakni Abon Cabe Hiyung. Sayang kalau terlewatkan,” ucap Direktur Bisnis & Syariah, Bank Kalsel, H Supian Noor, kepada wartawan, Kamis (23/3/2017).

Bazar UMKM sendiri adalah rangkaian dari acara ulang tahun yang digelar Banknya Urang Banua.Tak hanya menggelar pameran yang mengenalkan karya-karya warga Banua, Bank Kalsel melakukan serangkaian acara kemanusiaan dan edukasi. Mulai dari donor darah hingga coaching clinic bagi UMKM . Sebagai salah satu bank pendorong dan membina pelaku usaha kecil dan mikro, bank yang dinahkodai H Irfan, terus berkesinambungan mengangkat harkat dan martabat UMKM Banua. Sebab, tahun 2017, bank milik Pemprov Kalimantan Selatan dan 13 kabupaten dan kota ini berobsesi program pembinaan berkesinambungan mampu meningkatkan kemampuan sumber daya dan kesejahteraan praktisi usaha rakyaat.  Sebagai bentuk perhatian, Bank Kalsel pun memberikan pelatihan dan literasi keuangan,  bagi ratusan UMKM

“Kami berharap momen ini bisa memberi manfaat bagi UMKM di Kalimantan Selatan. Peningkatan kompetensi ini diharapkan mampu mendorong mereka lebih kreatif, inovatif dan memiliki daya juang bersaing tinggi.Sehingga semakin membuat mereka sejahtera dan eksis,”  ucap Direktur Utama Bank Kalsel, H Irfan.

Sementara untuk menambah kedekatan dengan masyarakat dan nasabah, Bank Kalsel pun menggelar jalan sehat, pada Minggu (26/3/2017). Jalan sehat sendiri gratis bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Sedikitnya, dua  unit sepeda motor dan lima puluh satu hadiah door prize menarik disediakan dalam hajatan yang bakal dimeriahkan sejumlah artis ibukota. Karenanya sambil jalan-jalan pagi, bisa mendapatkan hadiah sepeda motor.(jejakrekam)

Penulis   : Olpah Sari Risanta

Editor     : Didi G Sanusi

Foto       : Olpah Sari Risanta

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.