Ada 3.147 Lowongan Kerja, Banjarmasin Career Expo Diserbu Pelamar

0

ANGKA para pencari kerja di Kota Banjarmasin dan sekitarnya, ternyata masih sangat tinggi. Ini dibuktikan di ajang Banjarmasin Career Expo 2017 di Menara Pandang, Taman Siring Tendean pada 21-23 Maret 2017, dibanjiri para pelamar yang ingin mengisi lowongan kerja yang ada.

DATANG jauh-jauh dari Anjir Pasar, Kabupaten Barito Kuala, Fitria buru-buru untuk mengisi biodata untuk melamar pekerjaan di PT Asuransi Tafakul Banjarmasin. Maklum saja, Fitria mengaku baru tahu ada Banjarmasin Career Expo 2017 pada Kamis (23/3/2017), di menit-menit terakhir penutupan bursa kerja itu.

“Ya, saya ini sudah berkeluarga. Sejak lulus kuliah dari Universitas Palangkaraya, saya mencari kerja dengan persyaratan membutuhkan karyawati yang sudah kawin,” ucap Fitria kepada jejakrekam.com.

Jebolan sarjana ekonomi manajemen Universitas Palangkaraya ini tampak cekatan mengisi segala persyaratan yang dimaksud perusahaan penerima kerja. “Saya sudah izin dengan suami. Ya, semoga saja bisa bekerja di perusahaan asuransi ini. Saya siap ditempatkan di mana saja,” kata Fitria.

Baru setahun lulus dari perguruan tinggi negeri di Kalimantan Tengah, Fitria mungkin satu dari ribuan para pelamar kerja. Saban hari ada ribuan orang yang datang ke bursa pencari kerja yang dibuka di taman terbuka pinggiran Sungai Martapura itu.

“Ya, ada 3.147 lowongan kerja yang disediakan di Banjarmasin Career Expo selama tiga hari di Menara Pandang Siring Tendean. Yang datang mencari ada ribuan setiap harinya,” ujar official Mulia Jasa Manajemen, Fahrunisa yang menjadi even organizer (EO) Bursa Career Expo 2017 ini.

Ia mengakui ada beberapa perusahaan yang berdomisili di Banjarmasin tengah mencari karyawan baru. Bahkan, menurut Fahrunisa, banyak pula perusahaan besar seperti Adaro Group dengan anak perusahaan, PT Indonesia Multi Purpose Terminal, PT Mariti Barito Perkasa, PT Puradika Bongkar Muat Makmur, dan PT Sarana Daya Mandiri yang menyiapkan 20 lowongan kerja baru. Termasuk, jaringan usaha PT Angkasa Pura turut meramaikan bursa kerja ini. “Bahkan, PT Wiguna Duta Graha yang mengelola Hotel Mercure Banjarmasin cukup besar menyediakan lowongan pekerjaan baru, ada 100 pos yang bisa diisi pelamar kerja,” tutur Caca, sapaan akrab Fahrunisa.

Intinya, menurut Caca, lowongan kerja yang ada di Banjarmasin Career Expo 2017 ini adalah proses seleksi awal dari para pelamar kerja, karena begitu pekerjaan itu tersisi, perusahaan yang ikut bursa kerja akan melaporkan ke instansi terkait, termasuk Mulia Jasa Manajemen selaku penyelenggara bursa kerja.

“Mereka nanti akan diberi kartu member. Jadi, pada bursa kerja yang akan diadakan pada kesempatan lain, mereka sudah tercatat datanya,” ucap jebolan Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin ini.

Ia mengakui untuk strata pendidikan, tidak hanya didominasi lulusan SMA dan sarjana. Sebab, menurut Caca, dalam bursa kerja ini juga disediakan lowongan kerja bagi lulusan SMP. “Ya, ada 3.300 lebih lowongan kerja yang disediakan 47 perusahaan yang ikut bursa kerja ini. Ya, di saat acara berlangsung, ada beberapa perusahaan yang bergabung dalam Banjarmasin Career Expo 2017,” kata Caca.

Gadis berparas cantik ini mencontohkan B-Trans yang menyediakan bisnis ojek online justru hanya mematok syarat memiliki sepeda motor, SIM C serta kelengkapan surat menyurat kendaraan bermotor. “Jujur, sejak penutupan Banjarmasin Career Expo 2017 ini, perusahaan yang menyediakan jasa akan menyeleksi para pelamar kerja, termasuk mendata para pelamar dan semua data itu terinput melalui sistem komputerisasi,” ujarnya.

Caca mengakui para pelamar kerja bukan didominasi warga Banjarmasin, tapi juga dari luar Pulau Kalimantan. “Terpenting adalah perusahaan yang membuka lowongan kerja itu sudah memiliki data valid. Jadi, ketika mereka sudah menyatakan lolos atau tidak, pasti akan dilaporkan ke instansi terkait, khususnya Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis   : Didi GS

Foto        : Mulia Jasa Manajemen

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.