Disuntik Rp 99 Miliar, Pengembangan Bandara Syamsudin Noor Dijamin AP I

0

SUDAH ada kepastian kelanjutan proyek pengembangan Bandara Syamsudin Noor senilai Rp 2,3 triliun yang dibagi dalam dua fase di Banjarbaru. Kabar ini didapat Komisi III DPRD Kalimantan Selatan usai bertemu dengan jajaran direksi PT Angkasa Pura I di Jakarta pada Sabtu (18/3/2017).

DIREKTUR Keuangan dan Informasi Teknologi PT Angkasa Pura (AP) I, Novrihandri memastikan proyek yang akan digarap PT Nusa Konstruksi Enjiring (NKE) Tbk, tak ada masalah terkhusus untuk tahap pertama dengan pagu anggaran mencapai Rp 99 miliar lebih itu.

“Saat ini sedang berlanjut prosesnya. Jadi, sudah tak ada masalah lagi,” ujar  Ketua Komisi III DPRD Kalsel, H Supian HK mengutip pernyataan Novrihandri saat pertemuan di kantor PT Angkasa Pura I di Jakarta kepada wartawan di DPRD Kalsel, Senin (20/3/2017).

Menurutnya,  proyek pengembangan tahap II yang digarap PT NKE itu senilai Rp 99 miliar itu sudah dikucurkan murni dari PT Angkasa Pura I. Bahkan, sejak 8 Maret 2017, telah ditunjuk PT NKE sebagai pemenang tender tahap II untuk mengerjakan pembangunan infrastruktur penunjang serta apron selama 18 bulan, sehingga pada 2018 mendatang sudah harus rampung. “Untuk kelancaran proyek tahap II ini, PT Angkasa Pura sangat mendukung percepatan dan pendanaannya,” ucap legislator Partai Golkar ini.

Usai proyek tahap II, Supian mengatakan akan dilanjutkan untuk paket I mencakup pembangunan gedung, terminal dan fasilitas penunjang senilai Rp 1,3 triliun. “Saat ini, masuk dalam tahap lelang. Jadi, pada April 2017 nanti sudah ada pemenangnya, dengan target proyek fisik ini rampung pada 2019 dan sudah siap pakai,” tuturnya. Menurut Ketua Harian DPD Partai Golkar Kalsel ini, masalah lahan juga tak ada kendala lagi. Sebab, lahan yang masih berproses hanya berkisar 5 hektare dari total 120 hektare yang sudah dibebaskan.

Sementara itu, General Manager Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Hendy Haryuditiawan berharap agar proyek pengembangan bandara ini segera rampung, sehingga tak perlu berlama-lama untuk menantinya. “Kami juga mengapresiasi apa yang dilakukan Komisi III DPRD Kalsel yang sudah berupaya keras hingga menemui jajaran direksi PT Angkasa Pura I di Jakarta. Saya berharap agar pemenang tender segera melaksanakan pembangunan,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis  : Igam

Editor    : Didi GS

Foto       : Skycrapercity.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.