Asah Anggota Terampil Tangani Korban di Tengah Suasana Gawat Darurat

0

HIMPUNAN Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) Kalsel menggelar One Million CPR for Saving Life atau Pelatihan Bantuan Hidup Dasar bekerjasama dengan RSUD Ulin Banjarmasin, PSIK FK ULM, STIKES Sari Mulia, STIKES Muhammadiyah, di Taman Siring O Kilometer, Jalan Sudirman Banjarmasin, Minggu (19/3/2017).

PELATIHAN ini dimaksudkan untuk makin menggesitkan dan mengasah kemampuan para peserta, seperti apabila menemukan orang yang sedang pingsan atau tak bernafas, maka dibantu untuk meletakkannya di tempat yang datar. Ketua HIPGABI Kalsel Muhammad Fadli mengatakan, acara ini berlangsung dalam rangka HUT ke-43 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), dengan menonjolkan kegiatan bantuan hidup dasar. “Saat orang pingsan, apa yang harus kita lakukan, tentu kita memberikan pertolongan awal gawat darurat,” kata M Fadli didampingi Ketua Diklat HIPGABI Kalsel, Yan Setiawan.

Dia berharap para peserta pelatihan akan  mampu membantu mengatasi persoalan gawat darurat di luar rumah sakit. Jadi, beber dia, anggota a HIPGABI memberikan pertolongan yang bermanfaat bagi korban gawat darurat. “Kini, HIPGABI selalu merekrut anggota, walau pada 2016 baru dilantik, termasuk di seluruh rumah sakit, dan di unit pendidikan,” katanya.

Ketua Diklat HIPGABI Kalsel Yan Setiawan mengaku, pihaknya akan menerapkan pelayanan free hospital. “Kami akan menyentuh kaum khusus, seperti emergency, BPK, SAR dan lainnya. Sebab, penanganan awal penting dalam gawat darurat. Jika perlakuan awal salah, maka sulit korban ditolong saat gawat darurat,” kata Yan.

Ia menegaskan HIPGABI siap memberikan penanganan awal, terutama pada jantung, seperti korban tidak ada nafas saat seketika. “Jadi target 1 juta dilatih se-Indonesia oleh HIPGABI untuk penanganan gawat darurat di luar rumah sakit,” katanya. Selain kegiatan penanganan gawat darurat, HIPGABI juga menggelar gerakan cuci tangan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) dan siswa di SMAN 7 dan SMAN 1 Banjarmasin pada Sabtu (18/3/2017).(jejakrekam)

Penulis   : Afdi NR

Editor     : Didi GS

Foto       :  Afdi NR

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.