Sah Sudah, Wahid-Husairi Ditetapkan Sebagai Pemenang Suksesi HSU

0

DUET calon petahana, Abdul Wahid-Husairi Abdi secara resmi ditetapkan KPU Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sebagai pemenang Pilkada HSU 2017. Keduanya ditetapkan sebagai pasangan Bupati-Wakil Bupati HSU terpilih periode 2017-2022 dalam rapat pleno terbuka di Gedung Agung Lantai II Pemkab HSU, Amuntai, Kamis (16/3/2017).

DASAR penetapan pemenang Pilkada HSU 2017 itu mengacu pada hasil rekapitulasi suara serta surat KPU dan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan tak ada sengketa pilkada di kabupaten itu. “Penetapan pasangan pemenang pilkada wajib didasari surat keterangan dari Mahkamah Konstitusi bahwa tidak adan gugatan perselisihan suara,” ujar Ketua KPU Kabupaten HSU, Ahmad Syarwani.

Ia mengakui penyebab tertunda tahapan penetapan pasangan calon, dikarenakan tidak adanya surat keterangan dari lembaga pengadil tertinggi sengketa pilkada. Padahal, beber dia,  seharusnya sesuai dengan tahapan yang ada pada 8- 10 Maret 2017 sudah dilakukan penetapan pasangan calon terpilih. “Tertundanya tahapan ini, dikarenakan belum menerima surat dari MK, sehingga penetapan dilaksanakan hari ini,” ucap Syarwani.

Dari hasil penetapan dalam rapat pleno terbuka KPUD HSU ini, selanjutnya akan diserahkan kepada DPRD HSU untuk menggelar rapat paripurna istimewa pada Jumat (17/3/2017) sekitar pukul 14.00 Wita. “DPRD HSU yang akan mengumumkan hasil penetapan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati HSU terpilih tahun 2017,” ucap Syarwani.

Senada itu, komisioner Divisi Penyelenggara Pemilu KPUD HSU, Riza Anshari mengungkapkan berdasar surat KPU bahwa menetapkan calon nomor urut 1 Abdul Wahid-Husairi Abdi unggul dengan perolehan 72.256 suara atau 68,84 persen, mengalahkan pesaingnya pasangan calon nomor urut 2 Mukhsin Haita-Abdul Hasib Salim dengan 32,715 suara, atau 31,16 persen.

Terpisah, Bupati HSU H Abdul Wahid HK mengajak semua elemen masyarakat untuk menjaga hubungan baik sesama pengurus parpol dan komponen lainya.  Ia mengungkapkan, hak pilih di HSU mencapai 71 persen atau melebihi tingkat pertisipasi politik dalam menggunakan hak pilih pada pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel pada 2015 lalu. “Kami ucapkan terima kasih, semua komponen masyarakat, baik, TNI, Polri, pengadilan, kejaksaan, telah sukses dan lancar dalam mengawal tahapan pilkada,” tuturnya.

Ketua DPD Partai Golkar HSU ini juga bersyukur masyarakat HSU telah mulai memahami dan menyikapi setiap isu dan opini publik secara cerdas dan dewasa, sehingga seluruh tahapan pilkada yang ada berjalan dengan lancar, tanpa ada kendala di lapangan.(jejakrekam)

Penulis   : Yusuf

Editor    :  Didi GS

Foto        : Yusuf

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.