Pasar Banjarmasin Suplai Barang ke Samarinda dan Palangkaraya

0

BANJARMASIN masih menjadi pusat grosir dan penyuplai berbagai barang kebutuhan dua kota di provinsi tetangga seperti Samarinda (Kalimantan Timur) dan Palangkaraya (Kalimantan Tengah). Namun, sayang potensi itu seperti dibiarkan hidup dengan sendiri, tanpa ada kepedulian dari Pemkot Banjarmasin.

PENGUSAHA ekspedisi atau porter barang elektronika, sembako dan lainnya, H Abdul Gafar justru melihat potensi Pasar Lima, Pasar Baru dan Pasar Sudimampir  tetap menjadi pilihan bagi pemenuhan dua kota di provinsi tetangga itu.

“Sayangnya, Pasar Lima dan kawasan lainnya itu seperti dibiarkan hidup dengan sendirinya. Padahal, puluhan truk pengangkut barang menuju dua kota, hingga ke kota lainnya di Kalimantan Selatan seperti Batulicin, dan Kotabaru, serta kawasan Banua Anam,” ujar Direktur CV Rofatih, H Abdul Gafar kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Selasa (14/3/2017).

Dalam sehari, Gafar yang juga Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banjarmasin ini mengungkapkan dari pasar-pasar yang ada itu, nyaris seluruh kebutuhan kota-kota yang ada di Kalsel, Kalteng, dan Kaltim dipenuhi. “Potensi semacam ini sudah berpuluh-puluh tahun. Namun, sepertinya tak digali dengan serius oleh Pemkot Banjarmasin. Jika pengelolaan intensif terlambat, tak mengherankan jika nantinya posisi Banjarmasin bisa diambilalih kota lain karena arus barang dari pelabuhan sudah kian mudah,” tutur Gafar.

Jebolan IAIN Antasari Banjarmasin ini berharap agar letak strategis Banjarmasin yang ditopang Pelabuhan Trisakti serta pelabuhan lainnya, terus meningkatkan eksistensi ibukota Provinsi Kalimantan Selatan sebagai pusat perdagangan untuk tiga provinsi.

“Dari usaha yang saya jalankan saja, tiap hari itu terus mengirim barang-barang pasar dan elektronika dari Pasar Lima ke Batulicin, serta kota lainnya. Memang ongkos pengiriman barang ini tergantung jauh dekatnya, untuk Batulicin sekali trip borongan mencapai Rp 2 juta,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis   : Didi GS

Foto        : Didi GS

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.