Angkutan Batubara Bergairah, Kontribusi Ambapers Naik ke Kas Daerah

0

DARI tahun ke tahun, kontribusi PT Ambang Nusa Persada (Ambapers) bagi pendapatan daerah ke kas Pemprov Kalimantan Selatan terus menaik. Pada 2016 lalu, setoran perusahaan patungan PT Bangun Banua dengan PT (Persero) Pelindo III menyetor ke kas daerah sebesar Rp 22 miliar, meningkat dibanding dengan tahun 2015 sebesar Rp 21 miliar.

KENAIKAN setoran PT Ambapers itu dilakukan angkutan tambang batubara yang melintas di alur Barito yang dikenakan channel fee (pungutan alur) cukup tinggi intensitasnya. “Untuk 2017 diperkirakan tidak jauh berbeda dengan 2016 kontribusi PT Ambapers ke Pemprov Kalsel,” kata Direktur Operasional dan Eksekutif PT Ambapers Nugroho Dwi Priyohadi, di Banjarmasin,  Selasa (7/3/2016).

Nugroho didampingi Manager Keuangan PT Ambapers Zainal Abidin mengakui, capaian produksi angutan batubara tahun lalu laba 2 persen kenaikan, dan semua tergantung komuditas batubara, hasil hutan serta tambang lainnya. “Saat ini, terjadi penurunan, akibat cuaca ekstrem, sehingga pihak kapal mengendalikan armadanya. Parkir kita masih dalam penataan, dan kurang bagus pendapatannya,” beber Nurgroho.

Apalagi, beber dia, pemulihan cuaca yang aman di alur pelayaran diharapkan akan berlangsung segera, karena dari prediksi Badan Meteorologi, Klimatolog, dan Geofisika (BMKG) akan membaik dalam dua pekan ke depan. “Jadi, faktor alam juga sangat berpengaruh terhadap angka produksi tambang batubara,” ucap Nugroho.

Ia juga menyebut peluang pendapatan di alur cukup banyak, namun semua tergantung regulasi pemerintah pusat dan daerah. “Kalau kapal minyak, kontainer, dan kapal penumpang, jelas tidak kita pungut channel fee,” katanya. Padahal, menurut Nugroho, rata-rata muatan kapal pengangkut  mencapai 90 juta metrik ton per tahun,  karena  kisaran 8-9 metrik ton per bulan dengan 30 unit kapal per hari. “Jadi, ada  800 lebih unit kapal per bulan yang melintas di alur Barito,” katanya.

Biaya pemeliharaan alur Barito dengan sistemrbagi hasil, Nugroho menegaskan PT Ambapers memberikan jaminan dengan ketersedian alur yang dalam minimal 5 LWS, ketersedian sarana bantu navigasi, memelihara dan mengelolaan alur sesuai dengan amanah pemerintah.

Terkait rangkaian HUT ke-13 PT Ambapers, Nugroho menyebutkan pelaksanaan 30 Maret di Aria Hotel Barito Banjarmasin, dihadiri pelayaran, pemerintah, owner, dan cutomer, serta lainnya. Rencananya perayaan HUT ke-13, pada 26 Maret 2017 bertema “Mencintai Peradaban Sungai”.

Namun sebelum hari H, rangkaian ulang tahun berupa bedah rumah 2 unit di sekitar Banjarmasin, kerja bakti mencintai kebersihan sungai melibatkan masyarakat. “Kami punya tanggung jawab di alur, maka menumbuhan kecintaan masyarakat pada sungai,” katanya. Kemudian bakti sosial, pemberian penghargaan kepada customer award (mitra yang disiplin) serta donor darah.(jejakrekam)

Penulis : Afdi NR

Foto    : Adaro

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.