Karawitan Sekar Sunda Tak Tergerus Kemajuan Zaman

0

KARAWITAN adalah seni suara daerah baik vokal maupun instrumental, yang dibagi dalam tiga klarifikasi berdasar asal daerah yakni karawitan sekar, karawitan gending, dan karawitan sekar gending. Nah, dalam tatar budaya Sunda, karawitan lebih dikenal dengan Sekar merupakan seni suara yang subtansinya mempergunakan suara manusia.

NAH, Sekar atau karawitan Sunda ini terus dilestarikan dengan cara yang unik. Meski peralatan musik tradisional seperti kacapi, gending, gamelan dan lainnya cukup berat, ternyata para seniman Sunda ini rela berkeliling dari satu rumah ke rumah lainnya untuk melantunkan tembang Sunda nan eksotik.

“Seni gamelan Sunda hingga kini terus dilestarikan atau dimumule dalam bahasa Sunda. Ini membuktikan budaya Sunda tidak tergerus oleh kemajuan peradaban teknologi,” ujar guru besar sosiologi FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Prof DR Wahyu MS di Banjarmasin, Ahmad (5/3/2017).

Menurutnya, kegigihan para seniman Sunda dengan berkeliling melestarikan karawitan mini itu makin membuktikan kecintaan mereka terhadap warisan budaya leluhur. “Saya salut. Selamat berkarya dan semoga saja seniman Sunda tak tergerus kemajuan zaman. Mereka terus melestasikan dan berkarya untuk bumi Indonesia,” ujar Dekan FKIP ULM yang asli berdarah Sunda ini. (jejakrekam)

Penulis   : Afdi NR

Foto        : Afdi NR

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.