Terpuruk di 2014, Partai Demokrat Ingin Bangkit di Pemilu 2019

0

BERJAYA di Pemilu 2009, dan terpuruk di Pemilu 2014, Partai Demokrat yang diarsiteki Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ingin kembali membidik kesuksesan dalam even politik terkhusus Pemilu 2019 mendatang.

TEKAD itu disuarakan Ketua Majelis Pertimbangan Cabang (MPC) Partai Demokrat Banjarmasin, Rusian saat menyerahkan berkas lamaran untuk calon ketua DPD Partai Demokrat Kalsel dalam musyawarah daerah (musda) pada Maret 2017 ini.

“Saya sedih kalau partai politik ini pernah berjaya di Kalsel, sampai terpuruk seperti sekarang,” ujar Rusian, saat bertandang ke kediaman Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel, H Fikri di Komplek Permata Bunda Jalan A Yani Km 8, Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Selasa (28/2/2017).

Mantan Ketua DPRD Banjarmasin ini menegaskan bertekad dengan segala daya upaya dan kemampuan disertai dukungan kader-kader Partai Demokrat lainnya untuk mengembalikan kejayaan parpol berlambang mercy ini.

Rusian mengaku tertarik untuk maju dalam bursa calon Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel periode 2017-2022, karena terdorong rasa emosional dan pertimbangan matang demi kebesaran partai.

“Bayangkan saja, pada Pemilu 2009 lalu, Partai Demokrat berada di urutan kedua di Kalimantan Selatan. Sekarang dari hasil Pemilu 2014, dari tujuh kursi di DPRD Kalsel menurun tajam jadi empat kursi saja. Itu pun Partai Demokrat belum bisa membentuk satu fraksi penuh di DPRD Kalsel,” tuturnya. Nah dengan maju mencalon di Musda Partai Demokrat Kalsel, Rusian yang juga mantan Ketua DPC Partai Demokrat Banjarmasin ini mengaku punya segudang pengalaman dalam membawa parpol kembali berjaya.

Sedangkan, Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel H Fikri memastikan akan maju bertarung dalam musyawarah daerah yang digelar pada Maret 2017 ini. “Saya ingin ada regenerasi di Partai Demokrat Kalsel. Jadi, siapa pun terbuka untuk memimpin parpol, bukan hanya dari kalangan internal, tapi juga dari luar demi catatan ingin membesarkan Partai Demokrat,” kata Fikri.

Anggota DPRD Kalsel ini juga menyambut hangat rencana pencalonan Rusian sebagai ketua ke depan. “Yang pasti, calon ketua ke depan harus yang memiliki kemampuan mumpuni, bukan lagi setengah-setengah dalam bekerja,” cetus Fikri.

Ia mengaku berdasar amanat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat pada 7 Februari 2017 lalu di Jakarta, diputuskan bahwa pelaksanaan musda di seluruh provinsi harus digelar pada Maret 2017 ini. “Dari Musda Partai Demokrat Kalsel sukses digelar akan dilanjutkan di tingkat musyawarah cabang di tingkat kabupaten dan kota,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis : Igam

Foto    : Banjarmasin Post

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.