Bonus Atlet Peraih Medali PON dan Paparnas Capai Rp 20 Miliar

0

FEBRUARI 2017 tinggal hitungan hari. Namun, hingga kini, para atlet yang berprestasi di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Tahun 2016 di Jawa Barat, belum mendapat kabar pencairan bonus yang telah dijanjikan Pemprov Kalimantan Selatan.

KONDISI itu diakui Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Selatan, Sarmidi. Ia mengakui kepastian bonus yang diberikan kepada atlet peraih medali di even berskala nasional itu, sebetulnya sudah dialokasikan dalam APBD Provinsi Kalimantan Selatan Tahun Anggaran 2017.

“Soal nominal yang ditentukan untuk atlet peraih medali emas, perak dan perunggu memang belum diketahui pasti. Yang jelas, saat ini belum ada koordinasi dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan soal pencairan bonus bagi atlet,” ucap Sarmidi di Banjarmasin, Sabtu (25/2/2017).

Berdasar usulan, menurut Samidi, KONI Kalsel pernah menghitung bagi peraih medali emas maka atlet akan diganjar dana segar Rp 300 juta, kemudian menurun bagi perak sebesar Rp 150 juta, dan perunggu dihargai Rp 100 juta per atlet.

Hanya saja, kata dia lagi, keinginan KONI untuk menghargai jerih payah para atlet berprestasi dan telah berjuang mengharumkan nama daerah di kancah nasional tetap harus diukur dengan kemampuan keuangan daerah.

Sarmidi berharap agar bonus bagi atlet berprestasi itu bisa segera dicairkan terutama untuk peraih medali di PON dan Pekan Paralimpiade Nasional (Paparnas). Menurutnya, jika waktu pencairan terlalu lama, justru akan menimbulkan keresahan di tengah para atlet.

Sarmidi tetap mengingatkan agar para atlet Kalimantan Selatan bersemangat dalam menjaga dan meningkatkan prestasi, sebab masalah bonus tetap menjadi perhatian KONI dan pemerintah daerah. “Kami mohon mereka bersabar. Sebab, pencairan itu hanya masalah waktu. Tunggu saja,” ucap Sarmidi.

Dari kalkulasi KONI Kalsel, Sarmidi menerangkan bonus atlet di PON dan Paparnas yang harus dikeluarkan pemerintah daerah mencapai Rp 20 miliar. Hal ini berdasarkan hitungan dari medali yang diraih dalam PON PON XIX 2016 di Jawa Barat, kontingen Kalsel berhasil menyabet 9 medali emas, ditambah 10 perak dan 18 perunggu. “Dengan hasil itu, Kalimantan Selatan berada di peringkat 16 dari 34 provinsi yang menjadi peserta PON Jawa Barat,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis : Fadel Karli

Editor  : Didi GS

Foto     : Times Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.