Data Guru Honorer Agar Tak Masuk yang Abal-Abal

0

MEMBENGKAKNYA data guru honorer yang harus dibayar tunjangan honornya oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, didesak agar lebih selektif dalam memverifikasi para pendidik yang tak berstatus pegawai negeri sipil (PNS) itu.

DESAKAN ini disuarakan Komisi IV DPRD Kalsel agar dalam database nantinya tak tercantum guru honorer abal-abal, karena menyangkut kemampuan daerah untuk menggaji mereka.

“ Hal ini sangat penting dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel agar pendanaan yang disediakan pemerintah, benar-benar tepat manfaat,”ujar Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Yazidie Fauzi, usai rapat dengar pendapat (RDP) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel di Banjarmasin, Rabu (22/2/2017).

Menurutnya, Disdikbud Kalsel harus melakukan pemetaan melalui verifikasi data kelayakan terkait keberadaan guru honor yang ada maupun yang diusulkan pihak sekolah. Tujuannya, kata Yazidie,  untuk menghindari kemungkinan masuknya tenaga guru honor abal-abal atau tak sesuai ketentuan, hingga dapat mengetahui jumlah secara pasti.

Wakil rakyat asal PKB ini menjelaskan bahwa dalam RDP itu dibahas masalah anggaran serta jumlah guru termasuk kelayakan tunjangan bagi guru honor di sekolah swasta yang dinilai masih kurang memadai, jika dibanding sekolah berstatus negeri.

Terkait pemetaan atau pendataan jumlah guru honor di Kalsel, Komisi IV dalam waktu yang tak lama kembali akan meminta jawaban dinas terkait segera merampungkan persoalan itu.

Di tempat sama, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel, M Yusuf Effendi, menegaskan akan segeran melakukan langkah pemetaan dan verifikasi data guru honor di Kalsel, yang menurut data sementara mencapai 7.000 orang

Selain itu, beber dia, pihaknya melakukan monitoring ketat, terhadap keberadaan guru honor utamanya kewajiban mengajar yang harus sesuai dengan jam mengajar yang ditentukan.” Tunjukanlah dulu pengabdian yang baik terhadap negara dan bangsa, maka kami akan upayakan kesesuaian pendapatan. Soal itu, jangan khawatir,” ucap Yusuf.(jejakrekam)

Penulis  : Igam

Foto      : Riauandalas.com

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.