Memaksimalkan Sawah Perkotaan di Tengah Menyempitnya Lahan

0

PERTANIAN di tengah kota yang kini digarap jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1007 Banjarmasin, rupanya mendapat perhatian dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Untuk mendukung program menuju swasembada pangan, 10 hand tractor langsung disalurkan pemerintah pusat ke sejumlah Komando Rayon Militer (Koramil) di Banjarmasin.

PENYERAHAN bantuan ini dilakukan di Kantor Kodim Banjarmasin di Jalan S Parman Banjarmasin yang langsung diberikan Dandim 1007 Banjarmasin Letkol Inf Wilson Napitupulu kepada Danramil 1007-01 Banjarmasin Timur, Mayor Infanteri Sudjiono, Selasa (21/2/2017). Sedangkan, 1 hand tractor ditangani Kodim Banjarmasin, dan empat buah diserahkan ke Koramil 1007-02 Banjarmasin Selatan, dan sisanya dua mesin menggembur tanah itu diterima Koramil 1007-04 Banjarmasin Utara.

Usai kegiatan, Danramil 01 Banjarmasin Timur,  Mayor Inf Sudjiono mengatakan adanya 3 hand tractor ini nantinya akan digunakan untuk membuka lahan tidur dan menggarap areal lahan pertanian perkotaan yang ada di wilayah Banjarmasin Timur. Ia mengakui kondisi lahan sawah di perkotaan, harus lebih maksimal karena berada di tengah pemukiman warga, serta makin menyempitnya ruang gerak para petani. Bahkan, lanjut Sudjiono, masyarakat umum pun juga bisa meminjam traktor tangan itu jika memang memerlukannya untuk menggarap lahan maupun membuka lahan.

“Berdasarkan data yang kami miliki, areal persawahan di wilayah Banjarmasin Timur  294 hektar. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat,” jelas pria bertubuh kekar ini.

Ia pun merinci, luasan lahan pertanian di Banjarmasin Timur masih didominasi di Kelurahan Sungai Lulut, mencapai 283 hektare. Kemudian, Kelurahan Banua Anyar sebanyak 8 hektare, Kelurahan Kuripan terdapat 2 hektare dan Kelurahan Pemurus Luar terdapat seluas 1 hektare.

Sudjiono menambahkan, saat ini pihaknya juga sudah  mengembangkan pohon jeruk di belakang Kantor Koramil 01 Banjarmasin Timur sebanyak 150 pohon. “Ke depan, dengan adanya alat ini, kami juga akan mencoba mengembangkan jagung dan sawi,” ujar sang komandan ini.(jejak rekam)

Penulis  : Riza

Foto       : Danramil 1007-01 Banjarmasin Timur

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.