Jalan Tol Batulicin-Banjarbaru Tinggal Menunggu Waktu

0

IMPIAN agar Kalimantan Selatan memiliki jalan bebas hambatan (tol) yang menghubungkan Banjarbaru-Batulicin (Kabupaten Tanah Bumbu) sepanjang 160 kilometer, akan segera terwujud.

DI ATAS kertas perencanaan, akses jalan yang menerabas kawasan hutan dan pegunungan di lereng Pegunungan Meratus itu akan memangkas jarak dan waktu tempuh.

“Ya, bisa menghemat perjalanan lebih dari dua jam. Jika sebelumnya, waktu yang dibutuhkan dari Batulicin menuju Banjarbaru mencapai lima jam lebih. Nah, dengan adanya jalan tol, masyarakat hanya butuh waktu lima jam lebih dari Batulicin ke Banjarbaru atau sebaliknya hanya perlu dua jam lebih,” ucap Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming, di Batulicin, Kamis (16/2/2017).

Ia mengakui saat ini perencanaan jalan tol itu masih dalam tahap pengkajian, dimulai dari anggaran, pembebasan lahan serta lainya. “Pemkab Tanah Bumbu sangat mendukung program tersebut demi kepentingan pembangunan daerah. Apalagi, dampak positif dengan adanya pembangunan jalan tol ini adalah konsep pengembangan kawasan industri yang sudah lama dicanangkan bisa selaras,” tutur Mardani.

Selama ini, beber dia, Pelabuhan Batulicin sebagai salah satu pelabuhan samudera yang ada di Kalimantan Selatan, akan dikembangkan menjadi kawasan industri terpadu dengan disinergikan dengan rencana kota pelabuhan.

“Jadi, dengan adanya jalan tol itu akan menjadi akses alternative untuk pendistribusian barang dari Pelabuhan Trisaksi Banjarmasin menuju beberapa kabupaten di wilayah timur Provinsi Kalsel,” ucap Ketua DPD PDIP Kalsel ini.

Menurut Mardani, selama ini, aktivitas bongkar muat barang cukup padat di Pelabuhan Trisaksi Banjarmasin, sehingga nantinya barang-barang tersebut selanjutnya didistribusikan ke Kabupaten Tanah Bumbu, Kotabaru dan yang lainnya melalui jalur Banjarmasin-Tanah Laut-Tanah Bumbu-Kotabaru.
“Dengan dibangunnya jalan tol Banjarbaru-Batulicin, maka maka waktu tempuh akan lebih cepat hingga beberapa jam,” ucap Mardani.
Masih menurut dia, sebelum adanya jalan tol pengiriman barang dari Surabaya – Banjarmasin bisa mencapai enam sampai tujuh hari lebih. “Nah, diharapkan jika jalan tol dan infrastruktur Pelabuhan Batulicin sudah tersedia, maka akan menghemat waktu distribusi barang menuju Kabupaten Tanah Bumbu,” tandasnya.(jejakrekam)

Sumber : Antara

Foto      : Kabarkan.co.id

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.