Husairi Abdi

Kenapa Harus DA, Bukan Plat Ranmor KS?

0

PENGGUNAAN tanda nomor kendaraan bermotor (ranmor) di Indonesia, terutama di Jawa, merupakan warisan sejak zaman Hindia Belanda, yang menggunakan kode wilayah berdasarkan pembagian wilayah karesidenan.

BAGI Anda yang tinggal di Kalimantan, pastinya hafal dengan kode plat kendaraan bermotor di Kalimantan yakni:
KB = Kalimantan Barat,  KH = Kalimantan Tengah, KT = Kalimantan Timur, dan DA = Kalimantan Selatan.
Menariknya, 99% dari kita pasti pernah bertanya-tanya, mengapa kode plat untuk Kalimantan Selatan = DA, bukan KS? Inilah penjelasannya yang saya simpulkan berdasarkan informasi dari berbagai sumber:

Penggunaan tanda nomor kendaraan bermotor di Indonesia, terutama di Jawa, merupakan warisan sejak zaman kolonial Hindia Belanda, yang menggunakan kode wilayah berdasarkan pembagian wilayah karesidenan. Pada masa itu belum ada pembagian-pembagian provinsi seperti Kalimantan Timur, Tengah, dan Barat. Dan pusat dari keresidenan Hindia Belanda pada saat itu berada berada di Kalimantan Selatan. Jadi pada masa itu semua kendaraan bermotor milik kolonial yang ada di Kalimantan diberi kode DA.

Lalu apa arti/kepanjangan dari DA itu sendiri? Banyak dari mereka yang awam ketika saya tanya menjawab bahwa DA itu artinya “Dayak Asli”, ada juga yang mengatakan “Daerah Air”.
Pada masa pemerintah Hindia Belanda, pemberian kode plat kendaraan bermotor itu didasarkan pada nama “Kewedanan (wedan/distrik)” daerah tersebut, misalnya kode plat B merupakan singkatan dari Batavia. Nah, untuk DA itu sendiri diambil dari nama “District Amandit ” atau orang Banjar dulu menyebutnya Batang Hamandit, yang merupakan bagian dari wilayah administratif dan negara pada zaman kolonial Hindia Belanda dahulu.Yang ingin tahu lebih jelas apa itu Distrik Amandit, silakan ke sini: https://id.wikipedia.org/wiki/Distrik_Amandit.

Barulah pada masa Orde baru, setelah Kalimantan dibagi menjadi 4 provinsi (sekarang 5) kode plat kendaraan bermotor pun juga ikut terbagi menjadi 4. Lalu kenapa Kalimantan Selatan tetap menggunakan DA sebagai kode untuk plat kendaraan bermotornya? Ya, mungkin sesepuh kita di Kalimantan Selatan terdahulu ingin agar nanti anak cucunya tahu bahwa pada zaman dahulu Kalimantan Selatan itu merupakan pusatnya dari Pulau Kalimantan.(jejakrekam)

Sumber: Beritabanjarmasin.com/wikipedia

 

Pencarian populer:hapal plat singkatan

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.