Menangkap Peluang Usaha di Perkebunan Terpadu

1

POLA perkebunan terpadu kini dibidik menjadi andalan pendongkrak perekonomian Kalimantan Selatan. Pengembangan ternak sapi yang berada di perkebunan kelapa sawit disarankan bisa digarap badan usaha milik daerah (BUMD).

DI tengah sorotan PT Bangun Banua yang belum optimal memberi konstribusi pendapatan bagi sang pemilik, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan, tercetus agar perusahan plat merah itu turut andil dalam program perkebunan terpadu.

“Pola perkebunan terpadu ini sudah berhasil diterapkan di Provinsi Lampung. Tak ada salahnya, PT Bangun Banua mencontoh dan menerapkannya di Kalimantan Selatan,” kata anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Karlie Hanafi Kalianda, Sabtu (21/1/2017) di Banjarmasin.

Caranya, Karlie menyarankan PT Bangun Banua bisa sebagai penyedia ternak sapi yang dikembangkan para petani di tengah perkebunan plasma kelapa sawit. Ia menilai geliat usaha yang dikembangkan PT Bangun Banua berkutat pada industri perhotelan yang belum menjanjikan di tengah persaingan yang begitu ketat di Banjarmasin dan Banjarbaru.

Padahal, menurut legislator Partai Golkar ini, dengan kondisi perekonomian yang melambat serta lesunya usaha, termasuk rendahnya daya beli masyarakat, tentu sektor perkebunan dan peternakan jauh lebih menjanjikan untuk digarap PT Bangun Banua. “Apalagi, Pemprov Kalimantan Selatan tengah menggulirkan program swasembada daging. Mengapa PT Bangun Banua tak membidik  usaha penyediaan sapi ternak,” tuturnya.

Terlebih lagi, Karlie yang berpengalaman di dunia usaha perkapalan dan pemasok suku cadang mobil ini melihat untuk proyek pengadaan sapi bibit yang disalurkan kepada para petani dikelola Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan.  “Nah, pengadaan sapi ini, PT Bangun Banua bisa diberdayakan oleh Pemprov Kalsel,” ujarnya.

Dengan besarnya potensi perkebunan sawit yang tersebar di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Tanah Bumbu (Tanbu), Kotabaru, Balangan, Tapin, Banjar dan Kabupaten Tabalong, justru dilihat Karlie Hanafi Kalianda menjadi potensi besar bagi PT Bangun Banua untuk memperkuat perekonomian Kalimantan Selatan.

“Selama ini, pola perkebunan terpadu belum begitu populer di Kalimantan Selatan. Padahal, di Lampung dan berbagai daerah sudah mengembangkan pola tersebut. Di samping perkebunan kelapa sawit yang menghasilkan produk berupa minyak sawit, rumput-rumput yang tumbuh di sekitar areal perkebunan sawit bisa menjadi pangan bagi ternak sapi,” tutur Karlie.(jejakrekam)

Penulis : Amranuddin Hamsyah

Editor   : Didi GS

 

1 Komentar
  1. seltiket.com berkata

    Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    Info lebih lanjut hubungi:
    No handphone : 085364558922
    PIN : FBSID007

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.