ACT

Dari Masjid ke Masjid, Subuh Berjamaah Dihelat Tiap Jumat

0 151

 

SHALAT subuh berjamaah kini makin rutin digerakkan Aliansi Muslim Banua (AMB) bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Selatan, dengan berkeliling dari masjid ke masjid.

DALAM pertemuan beberapa tokoh seperti Ketua Dewan Masjid Kalimantan Selatan Gusti H Rusdi Effendi AR, MUI Kalimantan Selatan dan Front Pembela Islam (FPI) Kalimantan, serta anggota AMB dengan Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, pada Jumat (20/1/2017) sore, tergambar agenda rutin itu.

“Agenda shalat subuh berjamaah sudah teragendakan selama enam bulan ke depan. Jadi, setiap bulannya telah ditentukan masjid yang ada di Kota Banjarmasin untuk menarik massa yang banyak,” ujar Windy, mewakili AMB.

Begitu pula, tokoh AMB Sukhrowardi berharap agar Pemkot Banjarmasin bisa menggerakkan segenap aparatur sipil negara (ASN) terkhusus muslim untuk berpartisipasi dalam shalat subuh berjamaah di masjid-masjid. Apalagi, menurut pendiri Banua Terang ini, dukungan atas kegiatan menghimpun umat Islam di Banjarmasin dalam masjid untuk shalat berjamaah, mendengarkan tausyiah, serta kegiatan sosial lainnya telah didukung Ketua Umum MUI Kalimantan Selatan, KH Husin Nafarin serta Walikota Banjarmasin Ibnu Sina.

“Ayahanda Gusti Rusdi Effendi juga menyampaikan harapannya agar shalat subuh berjamaah terus digaungkan, sehingga menjadi kegiatan yang bisa digelar seminggu sekali di masjid yang ditunjuk,” kata Sukhowardi.

Menariknya, tokoh pers Kalimantan Selatan Faturrahman mendukung agenda mingguan itu. Terlebih lagi, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan ini berharap agar shalat subuh berjamaah ini menjadi budaya positif yang harus digalakkan di Banua.

Sambutan hangat juga disuarakan perwakilan MUI Kalimantan Selatan, H Ilyas. Ia mengatakan majelis ulama akan terus mendukung, bahkan turut terlibat dalam kegiatan keagamaan, seperti shalat subuh berjamaah dari masjid ke masjid.

Mendengar paparan itu, Walikota Ibnu Sina akhirnya memutuskan agar shalat subuh berjamaah yang secara rutin digelar tiap Jumat dini hari. “Bisa dimulai pada 27 Januari 2017 nanti di Masjid Jami Banjarmasin,” kata Ibnu Sina, yang telah mengeluarkan imbauan kepada ASN di lingkungan Balai Kota untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Kepada wartawan, Sukhrowardi mengatakan kesepakatan antar elemen keagamaan, serta Walikota Banjarmasin diputuskan shalat subuh berjamaah dihelat pada Jumat (27/1/2017).  “Kami memohon dukungan dari para dermawan untuk menyediakan nasi bungkus sebanyak 1.000 bungkus untuk setiap shalat subuh berjamaah,” katanya.

Sesuai agenda AMB, pada Januari ditunjuk Masjid Jami Banjarmasin. Kemudian dilanjutkan pada Februari 2017 dipusatkan di Masjid Hasanuddin Majedi, Jalan Brigjen Hasan Basri. Lalu, pada Maret 2017, giliran Masjd Ar-Rahim di Jalan Sultan Adam dan Masjid Ar-Rahman, Jalan Kampung Melayu Darat Banjarmasin pada April 2017. Sedangkan, Masjid Al-Ikhwan di Jalan Veteran Banjarmasin akan disambangi ribuan jamaah untuk shalat subuh pada Mei 2017.  “Dengan gerakan shalat subuh berjamaah dari masjid ke masjid ini, semoga ghirah keagamaan di Banjarmasin makin meningkat. Ini semua demi menjaga persatuan umat,” ucap Sukhrowardi.(jejakrekam)

Penulis : Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.