Prajurit Korem 101/Antasari Donor Darah Di Tengah Wabah Covid-19

0

MINIMNYA ketersediaan darah di PMI ditengah wabah Covid-19 saat ini, Korem 101/Antasari melakukan kegiatan donor darah di Aula Persit KCK Korrcab Rem 101 PD VI/Mulawarman, Selasa (7/4/2020).

DONOR darah yang dilakukan oleh prajurit jajaran Korem 101/Antasari bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalsel dan Kota Banjarmasin, tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah di tengah pandemi corona covid-19. seperti melaksanakan cuci tangan dengan menggunakan sabun anti septik dengan menggunakan air yang mengalir sebelum masuk ke ruangan, pemeriksaan kesehatan, menjaga jarak dan mengatur waktu masuk ke  ruangan donor secara bergantian.

Dalam kegiatan tersebut mendapat 75 kantong darah dari 100 orang pendaftar. Sisanya, sebanyak 25 orang tidak bisa mendonor karena faktor kesehatan.

BACA: Tangani Covid-19, Mabes TNI AD Suplai APD bagi Tim Medis Rumkit dr Soeharsono

Danrem 101/Antasari Kolonel Inf M Syech Ismed  melalui sambungan telepon mengatakan, bahwa saat ini stok darah di PMI menipis, sedangkan kebutuhan akan darah tinggi sekali. “Oleh karena itu untuk membantu memenuhi kebutuhan darah di PMI, Pangdam VI/Mulawarman telah memerintahkan satuan di jajarannya untuk melaksanakan donor darah di wilayah masing-masing,” ungkapnya.

Kodam VI/Mulawarman dalam hal ini Korem 101/Antasari berupaya untuk memberikan dan melakukan yang terbaik. “Walau kita tidak bisa terjun langsung membantu merawat pasien yang terpapar virus Corona, tapi kita bisa membantu melalui cara lain yaitu dengan mendonorkan darah sebagai ungkapan simpati, empati, dan partisipasi untuk mendukung tugas tim kesehatan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.