Enam TK Swasta di Barut Dinegerikan

0

DI tengah ancaman wabah virus Corona (Covid-19) yang menyita perhatian semua pihak, tidak menyurutkan perhatian Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah di bidang pendidikan anak usia dini (PAUD). Melalui SK Nomor: 188.45/119/2020, Bupati Barut menyetujui peningkatan status 6 (enam) TK swasta menjadi TK Negeri.

ENAM TK tersebut adalah TK Negeri Harapan Bunda (Desa Benangin 1 Teweh Timur), TK Negeri Pertiwi (Kelurahan Tumpung Laung II Montallat), TK Negeri Anggrek (Desa Payang Ara Gunung Timang), TK Negeri Melati (Desa Lampeong 1 Gunung Purei), TK Negeri Mufakat Bersama (Desa Trinsing Teweh Selatan), dan TK Negeri Serumpun (Desa Benao Hilir Lahei Barat). 

Plt Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara, Syahmiludin A Surapati, Selasa (7/4/2020), mengatakan keberadaan 6 TK Negeri baru tersebut sudah disetujui dan terdaftar di Kemendikbud, dan bahkan sudah diberi NPSN (Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional). 

BACA : Ratusan Karyawan Perusahaan Di Barut Dirumahkan

Sebagai ungkapan rasa syukur atas peningkatan status 6 TK tersebut, Disdik Barut melaksanakan rapat terbatas (Ratas), dengan tetap mengacu kepada Protokol Covid-19. 

Dalam rapat tersebut dilaksanakan penyerahan SK Bupati dan Sertifikat NPSN kepada 6 TK Negeri baru tersebut kepada Kepsek, Kades, Korwil Pendidikan Kecamatan, dan Camat masing-masing.  

“Dengan adanya tambahan 6 TK Negeri baru tersebut, kini di Barito Utara sudah ada 11 TK Negeri,” kata Syahmiludin. 

Hal ini, paparnya, merupakan terobosan program dan bukti keseriusan Pemkab Barito Utara terhadap keberadaan pendidikan PAUD. Dengan jumlah desa sebanyak 93 dan 10 kelurahan, program/kebijakan ini akan terus dipantau dan dievaluasi efektivitasnya bagi pendidikan pada jenjang TK/PAUD. 

“Bila dinilai berpengaruh signifikan terhadap kemajuan pendidikan anak usia dini, maka penambahan TK Negeri baru yang diserahkan oleh yayasan kepada Pemkab Barito Utara untuk dinegerikan akan dilanjutkan,” kata Plt Kadisdik.  

BACA JUGA :Bupati Barito Utara Perpanjang Proses Belajar Mengajar di Rumah

Mantan Camat Kandui Gunung Timang ini juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Barito Utara yang sangat mendukung program maupun kebijakan Disdik untuk menegerikan beberapa TK swasta yang ada di wilayah Kabupaten Barito Utara.  

“Ini semua sesuai dengan petunjuk dan arahan Bupati Barito Utara yang meminta agar Disdik Barut bisa secara nyata menyusun program, maupun kebijakan yang dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan yang ada di setiap kecamatan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.