Masuk Kluster Gowa, Satu PDP Covid-19 Asal Balangan Dirujuk ke RS Boejasin Pelaihari

0

HINGGA Senin (6/4/2018), terdata jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Balangan berjumlah 74 orang. Sedangkan, satu orang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 dan suspect terjangkit virus Corona, nihil.

JURU Bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 (Tim Gugus Covid-19) Kabupaten Balangan, Erwan Karya Mega Latif menyampaikan, pasien PDP ini berasal dari kluster ODP yang datang dari kegiatan Itjima Ulama Zona Asia 2020 di Gowa, Sulawesi Selatan.

“Penetapan yang bersangkutan menjadi PDP setelah melihat hasil pemeriksaan oleh dokter spesialis paru dan konsultasi dengan rumah sakit rujukan Covid-19,” beber Erwan Karya Mega kepada awak media di Paringin, Senin (6/4/2020).

BACA : ODP Covid-19 Berusia 60 Tahun Ke Atas, Harus Dikarantina Di Rumah Sakit

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Balangan ini menguraikan dimasukkannya status PDP pada pasien tersebut, mengacu pada hasil pemeriksaan medis terhadap pasien memiliki gejala seperti suhu tubuh mencapai 38 derajat, serta batuk, sesak nafas dan flu.

Ditanyakan terkait riwayat perjalanan, Erwan membeberkan bahwa pasien ini masuk dalam kluster rombongan yang datang dari Gowa, Sulawesi Selatan pada 23 Maret 2020 lalu.

“Dari kedatangan rombongan ini, ada 39 orang yang terdata dan sudah dilakukan pemeriksaan dan masuk ke dalam daftar ODP,” ucap Erwan.

“Namun untuk satu warga, terpaksa kita masukkan status PDP karena memiliki gejala kondisi tubuh yang tidak stabil,” sambungnya.

Warga yang berstatus PDP ini akan dirujuk ke rumah sakit rujukan penangan Covid-19 yakni RSUD Hadji Boejasin Pelaihari untuk dilakukan penanganan dan pemeriksaan lebih lanjut.

BACA JUGA : 13 Pasien Positif Covid-19 Dirawat RS Ulin, Satu Diisolasi Di RS Ansari Saleh

Data terakhir, sebaran Covid-19 di Kabupaten Balangan 6 April 2020 pukul13.00 Wita, status ODP total 74 orang yang tersebar di Kecamatan Paringin 7 orang, Paringin Selatan 17 orang, Batumandi 13 orang, Lampihong 8 orang, Juai  11 orang, Halong 4 orang, Awayan 3 orang dan Tebing Tinggi 11 orang.

Status PDP berada di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi. Sementara, untuk kasus positif Covid-19 tidak terkonfirmasi di Balangan.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.