KKB dan PMI Banjarmasin Lakukan Donor Darah

0

SEPINYA warga yang mendonorkan darah belakangan ini, menyebabkan stok darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin kosong. Pasalnya, banyak kegiatan kerjasama donor darah dengan berbagai instansi, lembaga, atau perusahaan, terpaksa dibatalkan karena pandemi Covid-19.

SELAIN itu, imbauan pemerintah untuk menerapkan social distancing (menghindari kerumunan orang) dan physical distancing (menjaga jarak fisik) juga menjadi alasan pendonor malas untuk keluar rumah.

Menyikapi kekurangan darah tersebut, Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) Pusat bekerjasama dengan PMI Banjarmasin, melaksanakan kegiatan donor darah secara internal dengan jumlah pendonor terbatas, di Sekretariat KKB, Jalan Perdagangan, Banjarmasin Utara, Senin (6/4/2020).

BACA : Sebelum Donor Darah, PMI Banjarmasin Berlakukan Standar Pemeriksaan Covid-19

Setiap sesi hanya ada 4 orang yang diambil darahnya di sebuah ruangan yang cukup luas, sementara pendonor lain menunggu giliran dengan jarak berjauhan. Waktu yang disediakan pun cukup panjang, dari pukul 9 pagi hingga pukul 2 siang, sehingga pendonor datang tidak bersamaan, dan tak terjadi penumpukan orang.

“Saat ini, keperluan darah di Banjarmasin sekitar 200 hingga 300 kantong per hari, terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Ketersediaan stok darah dan permintaan tak lagi seimbang, sehingga kita kekurangan stok darah,” ucap petugas unit donor darah, Irfan.

Sementara itu, Ketua Umum KKB Pusat H Yuni Abdi Nur Sulaiman melalui Ketua Harian Hairudinor, mengatakan, aksi ini terkait dengan berkurangnya stok darah di PMI Kota Banjarmasin, sehingga KKB  melaksanakan kegiatan donor darah.

“Tujuan kita membantu PMI untuk menambah stok darah, walaupun kita melakukan dengan jumlah terbatas,” ucap Hairudinor

Rencananya, KKB akan rutin melaksanakan kegiatan donor darah ini setiap 3 bulan sekali.  “walaupun hari ini kita hanya bisa mengumpulkan 20 kantong darah, semoga ini bisa membantu masyarakat yang memerlukan darah,” ujarnya.

BACA JUGA : Stok Menipis, KNPI Banjarmasin Ajak Masyarakat Donor Darah

Sementara itu, pendonor darah Toni, yang merupakan warga sekitar kantor KKB mengatakan, kegiatan ini sangat membantu masyarakat, khususnya bagi pasien yang membutuhkan darah.

“Semoga dengan mendonorkan darah ini, saya bisa membantu pasien yang memerlukan. Saya berharap KKB lebih giat lagi untuk melaksanakan kegiatan donor darah ini,” tutup Toni.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.