Komisi IV DPRD Banjarmasin Pantau Pelayanan Pasien Bayi dari Keluarga Tak Mampu di RSUD Ulin

0

DUA wakil rakyat di DPRD Kota Banjarmasin menunjukkan empatinya terhadap kondisi pasien bayi berumur 4 bulan yang tengah dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin, Sabtu (9/7/2022).

KETUA Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin dari Fraksi PDI Perjuangan, Saut Nathan Samosir bersama anggota komisi yang membidangi kesehatan dan pendidikan, Sukhrowardi menjenguk pasien bayi dari keluarga mampu di rumah sakit milik Pemprov Kalsel itu.

“Begitu mendapat informasi warga dari Banjarmasin Barat menceritakan ada satu keluarga pasien  miskin yang anaknya memiliki keluhan kekurangan darah, kami langsung membesuk,” ucap Saut Nathan Samosir kepada jejakrekam.com, Sabtu (9/7/2022).

Menurut Saut, dengan kondisi itu, ternyata ada hambatan yang dialami keluarga pasien karena harus menanggung biaya pengobatan di RSUD Ulin Banjarmasin.

BACA : Paman Yani Sosialisasikan Perda Tentang Pola Tarif Pelayanan Kesehatan RSUD Ulin

“Makanya, kami datang ke sini untuk memberi dukungan agar pihak rumah sakit bisa memberi pelayanan optimal terhadap pasien bayi itu,” kata pengusaha ekspedisi ini.

Menurut Saut, kondisi pasien bayi yang mengalami kekurangan darah serta berbagai penyakit yang dideritanya, tentu butuh penanganan optimal dari tim dokter dan perawat di RSUD Ulin.

“Kami minta agar kondisi bayi ini benar-benar diatensi khusus pihak rumah sakit. Soal pembiayaan pasien itu, kami koordinasikan dengan Dinas Sosial atau Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin,” kata Saut.

BACA JUGA : Jadi Satu-satunya Rujukan Kalimantan, RSUD Ulin Banjarmasin Bakal Terima DAK dari Pusat

Dari pengamatan Saut bersama Sukhrowardi, saat ini kondisi pasien bayi itu masih dalam pemeriksaan intensif tim medis RSUD Ulin. Hal ini demi mengetahui apa penyebab pasti penyakit yang diderita pasien tersebut.

“Terpenting soal biaya jangan dipikirkan dulu, kami minta agar pasien itu ditangani dengan baik. Apalagi, mereka berasal dari keluarga kurang mampu di Banjarmasin,” beber Saut.

BACA JUGA : 27 Puskesmas di Banjarmasin Sudah Saatnya Terapkan Layanan Telemedicine

Senada itu, anggota Komisi IV DPRD Banjarmasin dari Fraksi Golkar, Sukhrowardi menilai pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Ulin telah mengalami kemajuan yang signifikan. Terutama, dari segi pelayanannya yang tidak memandang status pasien. Bahkan, pihak rumah sakit memberikan penanganan yang cepat serta tanggap.

“Kami sudah melihat bahwa perubahan-perubahan di RSUD Ulin.  Jelas ada kemajuan yang signifikan dari segi pelayanan khususnya bagi pasien-pasien yang memerlukan IGD. Jadi, tidak lagi dilihat statusnya tapi langsung ditanganinya,” ucap Sukhrowardi.

BACA JUGA : Diberi Amanah Pimpin Komisi IV DPRD Banjarmasin, Ini yang Akan Dilakukan SN Samosir

Menurut dia, esensi pelayanan fasilitas kesehatan publik adalah memberi rasa aman bagi pasien. “Saya sepakat dengan Pak Saut, soal biaya nanti akan dikoordinasikan dengan Pemkot Banjarmasin karena menyangkut nasib warga kota,” tegas Sukhrowardi.(jejakrekam)

Penulis Ummu Hani
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.