Kabar Gembira! 423.255 Pelanggan 450 VA di Kalsel Dapat Listrik Gratis

0

KEMAMPUAN ekonomi masyarakat yang terus menjerit di tengah wabah virus Corona (Covid-19), membuat pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan subsidi guna meringankan beban.

SEPERTI apa mekanisme? General Manager (GM) PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kalselteng, Sudirman pun mendatangi gedung DPRD Kalimantan Selatan, Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Jumat (3/4/2020).

Usai bertemu Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Sudirman menjelaskan kebijakan untuk menggratiskan bagi 24 juta pelanggan PLN berdaya 450 Volt Ampere (VA), serta 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi dikorting atau diskon 50 persen untuk tiga bulan ke depan, terhitung April hingga Juni 2020.

“Program ini telah kami sosialisasikan ke masyarakat Kalsel untuk program listrik gratis melalui media kabar PLN dan WA PLN, sampai ke ketua RT, bagaimana metode mendapatkan pulsa gratisnya,” ucap Sudirman kepada awak media di DPRD Kalsel.

BACA : Soal Subsidi Listrik, Sasangga Banua Desak DPRD Banjarmasin Panggil PLN

Ia menjelaskan bagi pelanggan PLN yang menggunakan sistem prabayar bisa mendapatkan listrik gratis dengan dua metode pendaftaran, melalui aplikasi whatapps (WA) dan meng-klik website resmi PLN.

“Sedangkan, bagi pelanggan PLN pascabayar akan dihitung tagihan listrik pada akhir bulan. Kami sudah informasikan hal itu dalam saluran resmi milik PLN baik WA maupun website PLN,” ucap Sudirman.

Ia mengungkapkan untuk total pelanggan yang ada di wilayah Kalsel, tercatat ada 423.255 pelanggan berdaya 450 VA, dan 84.807 pelanggan berdaya 900 VA telah didata berhak mendapatkan program gratis dan diskon tagihan listrik.

“Untuk pelanggan 450 VA seluruhnya gratis. Sedangkan yang 900 VA khusus yang subsidi saja mendapat diskon 50 persen,” tuturnya.

BACA JUGA : PLN Hitung Tagihan Listrik Dari Pemakaian Rerata 3 Bulan Terakhir

Ketua DPRD Kalsel H Supian HK didampingi Sekretaris DPRD, AM Rozaniansyah mengaku bersyukur lahirnya kebijakan pemerintah di tengah sulitnya perekonomian masyarakat dengan menggratiskan tarif listrik selama tiga bulan.

“Kebijakan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kalsel khususnya, tentu saja rakyat Indonesia pada umumnya,” ucapnya.

Legislator Golkar ini mengatakan DPRD Kalsel mengusulkan awalnya penggratisan rekening listrik selama dua bulan, namun ternyata disetujui tiga bulan.

“Kini tinggal menunggu respon Walikota Banjarmasin (Ibnu Sina) dan Gubernur Kalsel (Sahbirin Noor) untuk penggratisan tarif PDAM agar meniru jejak PLN,” ucap Supian.

Ia menegaskan pihaknya juga tengah mengusulkan ke Presiden Joko Widodo agar perusahaan telekomunikasi seperti PT Telkom dan PT Indosat juga memberlakukan hal serupa, guna kelancaran komunikasi dan informasi warga antar wilayah.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.