DPRD Balangan Saran Penggratisan PDAM Hingga Penggunaan Dana Pilkada Guna Pengendalian Wabah Covid-19

0

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan mengelar rapat kerja (Raker) bersama Tim Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 (Tim Gugus Depan Covid-19), Kamis (2/4/2020).

RAKER yang digelar di ruangan rapat kantor dewan tersebut, dipimpin Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan bersama wakil ketua II Upi Wandi yang dihadiri para anggota DPRD Balangan bersama Sekda Ir Ruskariadi beserta tim Gugus Tugas Depan lainnya.

Dalam raker tersebut, berbagai pertanyaan, saran, gagasan serta kritikan dilontarkan para wakil rakyat tersebut kepada Tim Gugus Tugas yang merupakan penanggung jawab Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19.

BACA: Gelar Raker, Fraksi PDI-P DPRD Balangan Minta Fasilitas Pecegahan Covid-19 Diperluas

Dadang Idi Fajeri perwakilan fraksi Golkar misalnya, menyarankan agar Pemkab Balangan melakukan pengratisan atau peringanan pembayaran PDAM.

“Kita tahu dampak pendemi ini bukan hanya soal kesehatan bagi mereka yang terjangkit, tapi juga dampak ekonomi hampir semua masyarakat. Makanya kami sarankan agar ada keringan pembayaran PDAM, bagaimana teknis dan besaran itu nanti terserah pemerintah daerah, terpenting kebijakan yang diambil bisa meringankan beban masyarakat,” bebernya.

Senada itu, MIfdali dari fraksi PPP menyampaikan, jika pemerintah harus memperhatikan dampak sosial yang mulai terasa di masyarakat, mulai dari adanya penurunan harga jual karet hingga kegelisahan masyarakat dalam melakukan kegiatan keagamaan yang bersifat berkumpu, karena ada himbauan larangan berkumpulnya orang banyak.

“Dampak-dampak sosial seperti juga harus diperhatikan dalam upaya kita melakukan pencegahan, pengendalian dan penanganan Covid-19 ini,” bebernya.

BACA JUGA: Ikut Antisipasi Covid 19, DPRD Balangan Tunda Beberapa Agenda

Sedangkan, M Rizkan dari fraksi Nasdem mempertanyakan, soal ketersedian anggaran serta mekanisme perpindahan (Realokasi) anggaran yang akan digunakan dalam penanganan Covid-19 ini. “Kita ingin pencegahan, pengendalian dan penanganan Covid-19 ini maksimal, hingga nantinya hasilnya juga sesuai keinginan kita bersama,” tegasnya.

Hampir sama dengan itu, para wakil rakyat Bumi Sanggam ini, menekankan bagaimana agar Tim Gugus Tugas ini supaya maksimal serta mendahulukan kegiatan skala prioritas dalam penanganan Covid-19, seperti penyedian APD, alat rapid test hingga stimulus perkuatan ekonomi masyarakat.

Sedangkan dilain pihak, dalam pemaparannya Sekdakab Balangan,  Ir Ruskariadi menyampaikan, kondisi terkini terkait Covid-19 beserta apa yang sudah dilakukan dan akan dilakukan dalam pencegahan, pengendalian dan penanganan pendemi ini.

“Kita tengah menyusun anggaran serta hal apa yang akan dilakukan guna pencegahan, pengendalian dan penanganan pendemi ini. Termasuk rencana kita memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 ini,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.