ACT

Stok Menipis, KNPI Banjarmasin Ajak Masyarakat Donor Darah

0 32

PERWAKILAN pengurus DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Banjarmasin melakukan donor darah di Kantor PMI Kota Banjarmasin, Rabu (25/3/2020).

KETUA KNPI Banjarmasin Imam Satria Jati mengatakan kedatang mereka untuk melakukan donor darah, mengingat saat ini stok darah di PMI kosong.

“Kami hanya bisa menyumbang beberapa kantong saja, karena banyak anggota pulang kampung,” kata Imam kepada Jejakrekam.com.

Advokat muda ini mengajak organisasi kepemudaan dan masyarakat di Kota Banjarmasin untuk mendonorkan darah guna membantu PMI Banjarmasin.

BACA : Donor Darah Mencegah Masuknya Berbagai Penyakit Ke Dalam Tubuh

“Karena setetes darah ini bagaikan nyawa bagi orang yang membutuhkan, mari kita mendonorkan darah dengan datang ke kantor PMI Banjarmasin,” timpal Imam.

Sementara itu Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin Dokter Aulia Ramadhan Supit mengakui kondisi sekarang menjadi momen terburuk sepanjang kehadirannya di PMI Banjarmasin, terlebih saat ini mewabahnya virus Corona (Covid-19).

BACA : KNPI Banjarmasin Siap Jaga Keutuhan NKRI

Rama mengatakan keperluan stok darah di Banjarmasin mencapai 150 kantong darah perhari, terutama untuk pasien Thalasemia, gagal ginjal, ibu melahirkan dan beberapa tindakan operasi yang memerlukan banyak darah.

Dia menuturkan PMI Banjarmasin sudah mengupayakan beragam cara untuk menarik minat masyarakat untuk mendonorkan darahnya, namun hasilnya tidak seperti yang diinginkan.

“Ada beberapa instansi yang ingin menggelar donor darah dibatalkan karena Corona, padahal semuanya bisa diatur agar tidak terjadi pengumpulan massa,” tutup Rama. (Jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.