ACT

Lawan Corona, MRI-ACT Kalsel Sterilkan Masjid dan Ponpes di Pagatan

0 36

GELORAKAN aksi bersama melawan Corona, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan melakukan penyemprotan disinfektan ke berbagai tempat di Kalimantan Selatan.

UPAYA itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-10) pada Sabtu (21/3/2020) lalu.

Berbekal alat pelindung diri (APD) lengkap dan penyemprot disinfektan, relawan yang berjumlah enam orang itu secara bergantian menyemprot dan membersihkan permukaan benda yang sering dipegang. Di antaranya altar, pintu, kursi, keran air dan lain sebagainya.

Salah satu relawan MRI, Riadi mengatakan, kegiatan tersebut ditujukan agar masyarakat terbebas dari virus Corona. Apalagi ada beberapa kota/kabupaten di Kalsel ditemukan kasus orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP).

BACA : ACT Kalsel Bagikan 6.260 Masker Gratis Untuk 4 Rumah Sakit

“Semoga dengan dilakukannya kegiatan ini masyarakat bisa menjaga diri, agar kita semua terbebas dari virus yang menggempaskan negeri kita,” ucap Riadi.

Hal senada juga diungkapkan Anjar Sufagat. Ia mengatakan peyemprotkan dilakukan juga di masjid-masjid yang ada di Tanah Bumbu sehingga masyarakat yang ingin melakukan ibadah bisa tenang dan lancar.

“Penyemprotan cairan disinfektan di masjid ini untuk para jamaah lebih tenang dalam beribadah. Dalam kegiatan ini, kami mendapat dukungan dari Camat Kusan Hilir dan Lurah Kota Pagatan. Mereka menyambut baik langkah yang dilakukan MRI-ACT Tanah Bumbu,” ucap Anjar.

Sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Yayasan Insan Madani mengatakan kegiatan itu sangat berguna bagi lingkungan dalam mencegah wabah Corona.

“Tentu saja, tidak mengkhawatirkan para orangtua dan juga siswa. Alhamdulillah, sekolah kami dibantu disemprotkan disinfektan oleh ACT MRI, semoga ini bisa berlanjut ke sekolah-sekolah lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, Tim Program ACT Madiun, M Budi mengungkapkan, kegiatan tersebut adalah bagian dari aksi global #BersamaLawanCorona. Selain penyemprotan disinfektan, ACT juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang virus corona. Mulai mencuci tangan yang baik, penyebaran hingga cara mencegahnya dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

BACA JUGA : Pasokan APD Petugas Covid-19 Untuk Kalsel Telah Dikirim Kemenkes

“Program ini akan terus berlanjut, hingga kondisi dirasa aman sehingga banyak kalangan masyarakat tidak khawatir dengan wabah virus Corona ini,” imbuhnya.

Bagi masyarakat yang ingin bersama melawan virus Corona bisa menyalurkan bantuan terbaiknya untuk saudara-saudara kita yang perlu mendapat bantuan. Bisa melalui transfer ke BNI Syariah 88 0000 490 dan Bank Kalsel 001-001-200-1980, atau kontak ke 0813 9549 9028.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Fathoni/ACT Kalsel
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.