Bekerja dan Belajar di Rumah Pacu Trafik Data XL Naik 15 Persen

0

KEBIJAKAN pemerintah yang mengharuskan bekerja dan belajar dari rumah, membuat trafik data XL naik 15 persen di dua wilayah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

JARINGAN PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengalami lonjakan trafik data yang signifikan sepanjang sepekan masyarakat menerapkan bekerja dan belajar dari rumah. 

Data dari pusat pemantauan jaringan Customer Experience and Service Operation Center menunjukkan kenaikan cukup tajam yaitu rata-rata sebesar 10 persen dibandingkan hari normal. Terutama, pada trafik penggunaan seluruh layanan data dalam cakupan nasional. 

BACA : Didatangi Komisi III DPRD Banjarmasin, PLN Pastikan Pasokan Listrik Surplus

Akses ke aplikasi-aplikasi penunjang kerja dan belajar dari rumah menjadi favorit pelanggan, dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 48 persen.

Khusus di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, rata-rata kenaikan trafik data tercatat mencapai 5 persen, dengan Kota Palangka Raya mencatat kenaikan tertinggi sebesar 15 persen.

(Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan di luar Lebaran dan Natal dan Tahun Baru, ini adalah kenaikan trafik data secara nasional yang tertinggi.

“Kenaikan trafik tertingginya mencapai 15 persen dibanding hari biasa, pemicunya terutama adalah akses ke layanan data penunjang bekerja dan belajar dari rumah.” ucap Gede kepada jejakrekam.com, Rabu (25/3/2020).

Selain itu, menurut dia, program dukungan XL Axiata dengan memberikan free 2GB per hari untuk akses ke layanan data tertentu itu juga telah dimanfaatkan secara maksimal oleh pelanggan di berbagai daerah.

“Kami akan terus memantau situasi dan kondisi yang ada, untuk menyiapkan jaringan lebih lanjut sebagai antisipasi dalam menghadapi segala kemungkinan yang muncul di hari-hari mendatang,” ucapnya.

Gede menambahkan, hingga sepekan terakhir, pihaknya belum menambah kapasitas jaringan yang ada karena memang sudah dipersiapkan untuk bisa menampung kenaikan trafik hingga 2x dari trafik hari normal.

BACA JUGA : Panik Corona Bisa Memicu Perubahan Sosial Masyarakat

Meski demikian, menurut dia, opsi untuk meningkatkan kapasitas selalu terbuka kapan saja dengan menyesuaikan pada kebutuhan pelanggan.

Selain itu, Xl Axiata juga siap menjaga kualitas jaringan dengan mengerahkan semua kemampuan seperti layaknya saat menghadapi lonjakan trafik Lebaran.

“Beberapa langkah di antaranya adalah mengerahkan mobile BTS (MBTS) untuk lokasi-lokasi yang memerlukan, juga melakukan rekayasa pengalihan trafik ke jaringan yang lebih longgar,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria/Rilis
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.