ACT

Rentan Kerumunan Massa, Disperindag Banjarmasin Edukasi Warga Pasar Lima

0 72

PETUGAS gabungan dari puskesmas dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Banjarmasin, didampingi anggota kepolisian serta anggota TNI, terjun ke Pasar Lima, Jalan Pasar Baru, Banjarmasin Tengah, Selasa (24/3/2020).

TUJUANNYA untuk memberi edukasi dan imbauan kepada warga pasar terkait merebaknya virus Corona (Covid-19) yang saat ini membuat resah masyarakat.

Kepala Bidang Peningkatan Sarana Distribusi Perdagangan (PSDP) dan Pasar Disperindag Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar mengatakan, kegiatan tersebut sudah terlaksana selama dua hari.

Terutama, menyasar pusat-pusat keramaian publik seperti pasar-pasar tradisional yang ada di Kota Banjarmasin. Sebab, di kawasan pasar sangat potensial menghimpun massa lebih banyak, dibandingkan kawasan lain seperti tempat hiburan, lokasi rekreasi dan lainnya yang telah ditutup sementara.

BACA : Pendapatan Menurun, Pedagang Pasar Lima Berharap Heboh Corona Cepat Berakhir

“Ini sudah hari kedua, kami menyampaikan imbauan dari Walikota Banjarmasin (Ibnu Sina) kepada warga pasar,” kata Ichrom Muftezar kepada awak media, Selasa (24/3/2020).

Imbauan tersebut tak lain adalah mengingatkan kepada warga yang ada di pasar untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta meminimalisir kontak secara langsung antar pedagang maupun pembeli.

“Cuci tangan dengan sabun atau gunakan hand sanitizer baik itu sesudah maupun sebelum bertransaksi, serta hindari kerumunan massa minimal jarak 1 meter,” ucap Tezar.

BACA JUGA : Hingga 31 Maret, THM dan Rumah Biliar di Banjarmasin Ditutup Sementara

Dengan pelantang suara, Tezar pun mengingatkan agar para pedagang dan pembeli, termasuk warga yang tinggal di sekitar Pasar Lima dan sekitarnya untuk tetap menjaga kewaspadaan. Ini menyusul, naiknya status ibukota Kalimantan Selatan ini dari siaga darurat menjadi tanggap darurat Covid-19.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.