RS Siapkan Ruang Isolasi, Paman Birin Sebut 1 Pasien RSUD Ulin Positif Covid-19

0

SATU dari lima pasien dalam pengawasan (DPD) yang tengah diisolasi di RSUD Ulin Banjarmasin, dipastikan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor telah positif terjangkit virus Corona (Covid-19).

HAL ini diungkapkan Gubernur Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin ini kepada awak media, usai pelepasan 11 mobil tangki untuk penyemprotan cairan disinfektan di Kantor Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Minggu (22/3/2020).

Menurut Paman Birin, dari hasil uji sampel darah dan lendir (specimen) yang dikirim Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan telah dipastikan satu dari lima PDP di RSUD Ulin positif Covid-19.

BACA : PDP RSUD Ulin Negatif Covid-19, ODP Di Kalsel Meningkat Tajam

Hal itu diakui Paman Birin sudah disampaikan saat video conference bersama Bupati-Walikota se-Kalsel bahwa pasien yang tengah dikaratina di RSUD Ulin telah positif Covid-19.

Dengan status tanggap darurat, Paman Birin meminta seluruh jajaran kepala daerah untuk tetap intensif karena penyebaran virus Corona telah memasuki wilayah Kalsel.

“Makanya, saya minta agar rumah sakit baik milik pemerintah daerah maupun swasta harus menyediakan ruang isolasi untuk menampung penanganan pasien Covid-19,” ucapnya.

Dengan begitu, menurut Paman Birin, antisipasi dan pencegahan tanggap darurat harus lebih dipertajam lagi. Terlebih lagi, Kalsel sudah menetapkan siaga darurat, serta diapit dua provinsi Kalteng dan Kaltim dengan warganya yang telah positif Covid-19.

BACA JUGA : Warga Kalteng-Kaltim Terpapar Covid-19, Kalsel Naikkan Status Tanggap Darurat

“Mari kita bersama menjaga kebersihan dan curi tangan dengan air mengalir dan sabun antisepktik. Sebab, penularan Covid-19 ini melalui sentuhan atau pegangan, sehingga warga harus bisa menjaga jarak,” tuturnya.

Paman Birin berpesan agar even atau kegiatan yang berpotensi menghimpun massa lebih banyak  segera dihindari, karena berpotensi terjangkit virus Corona.(jejakrekam)

Penulis Tim JR
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.