Ditutup dalam Waktu Lama, Selain Akibat Corona, Lokasi Car Free Day Bakal Dipindah

0

MEWABAHNYA virus Corona di Indonesia ikut berdampak pada peniadaan car free day (hari bebas berkendaraan) yang biasa diterapkan setiap Minggu pagi di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin.

SESUAI imbauan Walikota Ibnu Sina, demi upaya pencegahan pandemi Covid-19 di Kota Banjarmasin, seluruh kegiatan atau even yang berpotensi mengundang banyak massa ditiadakan, termasuk Car Free Day.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik mengatakan, personilnya akan diturunkan lebih pagi untuk berjaga-jaga di kawasan Siring Banjarmasin sebelum masyarakat berdatangan dan melakukan aktifitas seperti biasa.

“Yang biasanya menjaga agar kendaraan tidak melintas di kawasan itu, nantinya masyarakat yang kita jaga agar tidak ke sana,” kata Ichwan Noor Chalik kepada awak media di Banjarmasin, Jumat (20/3/2020).

BACA : Siaga Darurat Corona, Pasar Wadai Banjarmasin Terancam Ditiadakan

Selain itu, beber dia, nantinya petugas akan memasang spanduk imbauan di kawasan tersebut, agar masyarakat tak melakukan aktivitas CFD untuk sementara waktu.

Ichwan menuturkan, jika Walikota Banjarmasin hanya meminta peniadaan car free day tersebut selama 14 hari ke depan, maka durasi waktunya bisa diperpanjang hingga hingga temp yang belum bisa ditentukan.

“Karena penyebaran ini bersifat masif, jika nantinya ditutup hanya 14 hari, ternyata setelah itu ada orang yang dari luar membawa virus itu lagi. Nah itu, yang saya khawatirkan karena berbahaya bagi warga kota,” tutur Ichwan.

Selain itu, Plt Kepala Satpol PP dan Damkar Banjarmasin ini mengatakan penutupan CFD hingga waktu yang tidak ditentukan tersebut juga berhubungan dengan adanya rencana pemindahan lokasi baru untuk wadah aktivitas warga pada akhir pekan.

Lantaran lokasi tersebut dekat dengan Masjid Sabilal Muhtadin yang biasanya sering ada pengajian agama. “Karena ada usulan dari pihak kepolisian agar lokasi CFD dipindah. Jadi saat kita buka nanti, sudah di tempat yang baru,” katanya.

BACA JUGA : Imbas Corona, Mulai Besok Sekolah di Banjarmasin Ikut Libur Hingga 14 Hari ke Depan

Rencananya pemindahan lokasi car free day tersebut akan ditempatkan di kawasan Jalan Kapten Piere Tendean atau Pasar Lama. Bahkan, bisa juga masih di kawasan Jalan Jenderal Sudirman.

Menanggapi peniadaan CFD dalam waktu yang tidak ditentukan, salah satu warga Banjarmasin, Nurul Hikmah mendukung penuh kebijakan tersebut.

Menurutnya, Pemerintah Kota Banjarmasin mengambil langkah yang tepat demi mencegah penyebaran Covid-19 yang memicu hysteria publik itu.

BACA JUGA : Sejak Januari, Dinkes Sebut 32 Orang dalam Pemantauan Covid-19 di Banjarmasin

“Kalau situasinya kaya sekarang tak jadi masalah. Malah, bagus tindakan pencegahan itukan demi kebaikan bersama juga. Lebih baik ikuti peraturan pemerintah, CFD bisa lain waktu kalau sudah dinyatakan aman,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.