Antisipasi Covid-19, Syamsudin Noor Desinfeksi Gedung Terminal

0

MENGANTISIPASI penyebaran Virus Corona (Covid-19) di kawasan Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor, manajemen Angkasa Pura I melakukan desinfeksi di bangunan terminal dan fasilitas bandar udara. Kegiatan ini melibatkan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banjarmasin yang juga menerjunkan personelnya selama proses desinfeksi.

DESINFEKSI dilakukan untuk membersihkan fasilitas terminal yang sering digunakan oleh para pengguna jasa bandar udara yang meliputi area check in counter, tombol lift atau elevator, pegangan escalator, tempat duduk di ruang tunggu keberangkatan, ruang pindah pesawat, baggage claim, area kedatangan, trolley, kidzone, check in area, hingga musola.

“Kami melakukan upaya-upaya mitigasi untuk potensi penyebaran virus corona di bandara. Desinfeksi maupun kegiatan upaya lainnya tidak mengurangi pelayanan untuk para pengguna jasa bandara, semua ini dilakukan tidak lain untuk meningkatkan kebersihan fasilitas di terminal, terutama yang sering disentuh oleh penumpang,” ungkap General Manager Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor, Indah Preastuty.

BACA : Satu Pasien Dalam Pengawasan Covid-19 Di RSUD Ulin Dinyatakan Meninggal Dunia

Sebagai upaya mengoptimalkan pencegahan Virus Corona di bandara, manajemen Angkasa Pura I telah melakukan himbauan melalui pemutaran video himbauan di giant wall area kedatangan.  “Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor juga telah menyediakan hand sanitizer di area-area yang mudah dijangkau para pengguna jasa bandara agar dapat senantiasa menjaga kebersihan,” paparnya.

Upaya pencegahan penyebaran virus corona ini juga diterapkan pada seluruh petugas bandara melalui penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) yang terdiri dari masker, sarung tangan karet, dan safety goggle. Peralatan tersebut digunakan oleh seluruh petugas yang melakukan kontak langsung dengan penumpang seperti Aviation Security, Customer Service, maupun Duta Bandara yang bertugas.

“Tidak hanya itu, Angkasa Pura I juga bersinergi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dengan pengoperasian alat pendeteksi suhu (thermal scanner) dan pemasangan poster pre-caution di area kedatangan,” tambah Indah.

BACA JUGA : Pasang Alat Scanner Di Bandara Syamsudin Noor, Pintu Masuk Kalsel Diperketat

Sejak Sabtu (14/3/2020), Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor juga telah menerapkan protokol pengecekan suhu tubuh bagi para penumpang sebelum memasuki check in area dengan menggunakan alat thermo gun.

“Hal ini sebagai langkah awal preventif penumpang dari gejala terinfeksi virus corona sebelum melakukan penerbangan,” imbuh Indah.

Untuk dapat mencegah penyebaran virus corona, khususnya di kawasan bandar udara, perlu kerjasama dari berbagai pihak. Untuk itu upaya yang sudah dilakukan oleh manajemen Angkasa Pura I juga perlu dukungan dari para pengguna jasa bandar udara untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan.

“Kami berupaya untuk dapat memenuhi prosedur keamanan dan keselamatan untuk seluruh pengguna jasa bandara, khususnya dalam penanganan kasus corona yang sedang mendapat atensi publik maupun pemerintah. Untuk mencegah penularan virus corona, kita semua harus bekerjasama menjaga kebersihan dan kesehatan,” pungkas Indah.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.