Bertambah 2, Jumlah Pasien Dalam Pengawasan Covid-19 di RSUD Ulin Menjadi 5 Orang

0

RUMAH Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin kembali menerima dua pasien rujukan dalam pengawasan untuk membuktikan positif atau tidak terpapar virus Corona (Covid-19). Sebelumnya, ada tiga pasien, dua di antaranya Kabupaten Tanah Bumbu dan satu pasien warga Banjarmasin.

WAKIL Direktur RSUD Ulin Banjarmasin dr Muhammad Isa didampingi pemangku jabatan tertinggi di RSUD Ulin, berdalih tak memiliki wewenang untuk memberikan keterangan terkait novel coronavirus (Covid-19).

Isa mengatakan hal mengenai covid-19 hanya boleh disampaikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Selatan atau satu pintu. Ini sesuai dengan hasil rapat dan perintah dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

BACA : Sejak Januari, Dinkes Sebut 32 Orang Dalam Pemantauan Covid-19 Di Banjarmasin

“Kami baru saja berkomunikasi dengan Direktur RSUD Ulin Banjarmasin (dr Hj Suciati) yang sedang rapat dengan jajaran Pemprov Kalsel di Banjarbaru. Hasil rapat tersebut memutuskan bahwa informasi hanya satu jalur yaitu Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel,” ucap dr Muhammad Isa kepada awak media, di Aula lantai 7 RSUD Ulin Banjarmasin, Senin (16/3/2020).

Saat dihubungi terpisah, Kepala Dinkes Provinsi Kalsel Muhammad Muslim mengaku sedang berada di Banjarbaru. Ia menegaskan, tiga pasien yang diduga suspect Corona sebelumnya statusnya saat ini adalah pasien dalam pengawasan dan masih dalam perawatan.

“Sudah kita ambil sampelnya dan diserahkan ke Litbang Kemenkes. Tapi hasilnya belum bisa keluar sekarang,” ujarnya.

BACA JUGA : Bentuk Tim Gugus Tugas, Kalsel Tetapkan Status Siaga Darurat Covid-19

Muslim mengatakan belum bisa memastikan waktu proses uji sampel dari pasien dalam pengawasan yang dirawat di RSUD Ulin saat ini.

“Setelah keluar hasil nanti di evaluasi oleh tim kesehatan, baru nanti tahu statusnya. Sesuai standar operasional prosedur di sana,” jelas Muslim.

Ia mengungkapkan, masih ada dua pasien tambahan rujukan ke RSUD Ulin Banjarmasin, yang juga masuk pasien dalam pengawasan (PDP). Dengan begitu, totalnya berjumlah lima orang PDP di Kalsel.

BACA LAGI : Syaifullah Minta Menkes Sediakan Alat Penguji Infeksi Covid-19 Di RSUD Ulin

Kendati sebelumnya, sudah beredar dua pasien tambahan tersebut berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu. Muslim tak menyebutkan secara jelas asal pasien 04 dan 05 yang juga dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.