Jembatan Teweh-Jingah Hampir Rampung

0

PENGERJAAN proyek jembatan penyeberangan yang menghubungkan Muara Teweh dengan Desa Jingah, kini sudah hampir rampung. Namun, kerap terlihat sejumlah warga setempat yang mencoba melintas. Padahal, kondisinya masih rawan.

UNTUK menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan misalnya kecelakaan, maka sekarang dibuatkan pengaman sementara dan tanda larangan melintas.

Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara (Barut) Jainal Abidin, bersama dengan pejabat dari dinas terkait, Rabu (11/3/20) meninjau langsung jembatan tersebut. Pasalnya, Jainal Abidin mendapat laporan bahwa di lokasi tersebut sering digunakan warga, terutama anak-anak yang naik ke sana lalu terjun ke bawah, seiring dengan naiknya permukaan air Sungai Barito beberapa hari terakhir.

“Untuk sementara, jembatan ini tidak boleh dilintasi. Hal ini untuk menjaga kemungkinan terjadinya kecelakaan, karena saat ini sangat rawan. Apalagi sebagian jembatan masih belum ada pengaman,” katanya.

Sekda mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, selain diberi pembatas dilarang melintas, juga ditempatkan Satpol PP. “Beberapa anggota Satpol PP ditempatkan di lokasi, mengingat jembatan sering dilintasi warga. Parahnya lagi, ada anak-anak bermain,” ujarnya.

Sekda Jainal Abidin berharap, dengan adanya penjagaan di lokasi dapat mencegah terjadinya kecelakaan yang berakibat fatal. Penjagaan ini nantinya dilakukan beberapa waktu dan nanti akan dievaluasi.

Sekda juga langsung memerintahkan, selain pengamanan, juga menutup beberapa sambungan pagar yang belum tertutup kanan kiri jembatan, terutama bagian tengah hingga ujung jembatan.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Rody mengatakan, jembatan penyeberangan ini direncanakan selesai pada tahun ini. Disebutkan, pengamanan maka dibuatkan pagar pada sisi kanan dan kiri.

Tinggi pagar, paparnya, nanti menyesuaikan. Untuk di atas ukuran dua meter, sedangkan di bawahnya hingga ke jalan hanya satu meter. “Untuk pengerjaan memang berakhir hingga bulan Desember nanti. Dan pada tahun ini juga sudah bisa difungsikan,” kata Rody.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.