Bupati Tabalong Teken Komitmen Penyelenggaraan MPP

0

BUPATI Tabalong H Anang Syakhfiani melakukan penandatangan Komitmen dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia, Tjahyo Kumolo, terkait dibangunnya Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Tabalong.

PENANDATANGANAN komitmen penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik ini dilakukan oleh 49 kepala daerah se-Indonesia, di Aula Kantor KeMenpan RB di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Menurut Bupati H Anang Syakhfiani, penandatangan komitmen penyelenggaraan MPP ini sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam membangun MPP.

“Persiapan MPP Tabalong ini sudah 90 persen dan sudah mulai beroperasi sejak tanggal 2 Maret 2020. Sedangkan soft launchingnya akan dilakukan tanggal 17 Maret 2020 mendatang,” katanya.

Diakui Anang, selama ini pelayanan publik bagi masyarakat Tabalong telah dilaksanakan secara maksimal di tiap–tiap SKPD. “Namun keberadaan MPP jadi motor penggerak pelayanan terpadu satu pintu, yang semakin memudahkan masyarakat dalam berbagai urusan. Mulai urusan administrasi kependudukan, berbagai perijinan, pembayaran pajak daerah maupun retribusi, hingga bentuk pelayanan yang diberikan oleh instansi vertikal, BUMN, maupun BUMD,” ujarnya.

Anang menjelaskan, terobosan dan inovasi dalam rangka mewujudkan pelayanan yang berkualitas, efektif, dan efisien bagi masyakat ini merupakan bentuk persiapan menjadi Kabupaten Terdepan di Kalimantan Selatan yang nantinya berbatasan langsung dengan Ibukota Negara. “Pada intinya adalah inovasi untuk menjadi yang terdepan,” tegasnya.

Ditambahkannya, sebagai daerah dengan nilai penanaman modal asing terbesar di Kalsel (Rp 18,75 Triliun di tahun 2019), keberadaan MPP juga sebagai bentuk upaya pemerintah dalam memberi kemudahan berusaha dan investasi daerah melalui proses perijinan yang terpadu dan tersistematis.

“Calon investor juga lebih dimudahkan. Penanaman modal asing dan dalam negeri terus meningkat, dan sudah pasti berdampak pada kesejahteraan daerah,” imbuhnya.

Menteri PAN RB Republik Indonesia Tjahyo Kumolo, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Daerah yang telah berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui pembangunan MPP. Disebutkannya, dari 514 Kabupaten/Kota se-Indonesia tidak banyak yang memiliki MPP.

“MPP ini merupakan salah satu upaya Reformasi Birokrasi yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Reformasi birokrasi harus sederhana dan cepat, seperti arahan Presiden,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.