UPT KPHP Barito Hulu Gelar Penyuluhan Karhutla

0

UNIT Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (UPT KPHP) Barito Hulu, Kabupaten Barito Utara, telah melaksanakan penyuluhan pencegahan kebakaran hutan dan lahan  tahun 2020, di aula NU Muara Teweh, Kamis (27/2/2020).

PENYULUHAN Karhutla ini dibuka Kepala UPT KPHP Barito Tengah, Bahruddinsyah, dan dihadiri mewakili Kapolsek Teweh Tengah, mewakili Danramil Teweh Tengah, serta diikuti Kepala Desa dan aparatur desa di tiga kecamatan, yaitu Teweh Tengah, Teweh Selatan, dan Teweh Baru. Sedangkan narasumber dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, Neneng Ariyani.

Bahrudinsyah menyampaikan  ucapan terima kasih kepada para peserta dalam kegiatan penyuluhan pencegahan kebakaran hutan dan lahan ini.

Dikatakannya, kegiatan penyuluhan ini mengacu pada SK Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng Nomor: 5222/43/III.2/Dishut tentang pembentukan panitia kegiatan penyuluhan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di UPT KPH Barito Tengah.

Kegiatan penyuluhan, papar Bahrudinsyah, sebagai bentuk tanggung jawab dalam upaya melestarikan hutan dan lahan, serta mencegah terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan.

“Maka dari itu, perlu kesadaran semua pihak baik pemerintah, dunia usaha, maupun masyaraklat sekitar hutan, untuk bekerjasama dalam menjaga hutan dari tindakan yang dengan sengaja membakar hutan dan lahan,” ujarnya.

Menurut Bahrudinsyah, tugas dan fungsi UPT KPHP Barito Tengah unit VI dan VIII sebagai unit organisasi di tingkat tapak adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya hutan sebagai salah satu sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar.

“Namun, di sisi lain, kita berharap agar masyarakat dapat bersama ikut menjaga, melindungi, dan mengamankan hutan dari bahaya karhutla, demi menjamin keberlanjutan hutan bagi kehidupan sekarang dan kehiduipan generasi yang akan dating,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Bahruddinsyah, sesuai dengan daftar pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2020 yang telah disusun, UPT KPHP Barito Tengah akan melaksanakan beberapa kegiatan yang akan melibatkan peran serta masyarakat sekitar hutan di wilayah kelola UPT KPHP Barito Tengah unit VI dan VII.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2020/02/27/upt-kphp-barito-hulu-gelar-penyuluhan-karhutla/
Penulis Syarbani
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.