Ada Calon Independen di Semua Pilkada Kabupaten dan Kota se-Kalsel

0

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan memastikan, setiap Kabupaten/Kota di Kalsel bakal dihiasi pasangan calon independen pada Pilkada Serentak 2020.

HAL itu diungkapkan Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kalsel, Hatmiati. “Untuk saat ini, semuanya ada bakal calon pada jalur independen,” katanya usai rapat koordinasi bersama KPU Banjarmasin, Senin (24/2/2020).

Hatmiati mengungkapkan, di Pilkada Kabupaten Banjar tiga bakal paslon, Balangan terdapat satu bakal paslon, Hulu Sungai Tengah empat bakal paslon, Tanah Bumbu dua bakal paslon, Kotabaru dua bakal paslon, Banjarbaru satu bakal paslon, Banjarmasin dua bakal paslon.

Beberapa bakal paslon independen itu, papar Hatmiati, sudah lolos verifikasi. Kecuali satu bakal paslon dari Kotabaru, dua bakal paslon dari Kabupaten Banjar, dan di Banjarmasin yang masih dalam proses penghitungan.

BACA : Jelang Pilkada Serentak, Keterlibatan Politik Praktis ASN Sangat Rawan

“Perbedaan status di berbagai kabupaten dan kota ini lantaran bakal paslon menyerahkan berkas pada batas hari terakhir, sehingga petugas harus memerlukan waktu yang lebih panjang,” ujarnya.

Di Banjarmasin misalnya, lanjut Hatmiati, paslon menyerahkan persyaratan dukungan di hari terakhir, apalagi minimal 38.003 dukungan, sehingga membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Saat ini bakal paslon yang dalam proses perhitungan masih menunggu penyandingan berkas syarat dukung formulir B.1.KWK dan B.1.1. KWK yang diserahkan oleh petugas KPU di setiap daerah masing-masing hingga Rabu (26/2/2020) mendatang.(jejakrekam

Penulis M Syaiful Riki
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.