ACT

Persami di Kecamatan Sampanahan Kabupaten Kotabaru Meriah

0 177

GUNA melatih kedisiplinan dan kemandirian, seluruh siswa dan siswi yang tergabung dalam beberapa Gugus di Kwatir Kecamatan Sampanahan Kabupaten Kotabaru ,menggelar Perkemahan Sabtu dan Minggu (Persami), dari tanggal 22 hingga 23 Februari 2020. Kegiatan yang dipusatkan di SDN 1 Sungai Nyamuk Gugus Melati Sampanahan selaku Tuan Rumah yang ketua Gugusnya Hj Subini ini sangat meriah.

MENURUT Panitia Bidang Kegiatan Gugus 2 Melati Kecamatan Sampanahan, Sumisteri Trisnawati, persami ini diikuti sebanyak 15 regu, yang terdiri dari Regu Putri sebanyak 8 Regu dan Regu Putra sebanyak 7 Regu.

Persami ini terselenggara kerjasama antara K3S dan KKG Gugus Melati Sampanahan, serta dibantu oleh DKR dan Bintara dan juga Persami ini sekaligus Pelantikan 5 Gugus Depan yang ada di Kwatir Kecamatan Sampanahan yakni SDN 1 Sungai Nyamuk, SDN 2 Sungai Nyamuk, SDN Sampanahan Hilir, SDN Sampanahan, serta SDN Safir, ujarnya.

Partisipasi dari kepala Sekolah di kecamatan sampanahan khususnya Gugus 2 melati sangat antusias, bahkan dalam Persami itu terlihat Camat Sampanahan Hilir, Rakhmansyah. turut hadir yang Ketua Kwartir Kecamatan Sampanahan Sujianto, walaupun hanya sekedar peninjauan.

BACA: Mengatasi Kemiskinan, Program PNPM Sampanahan Hilir Dinilai Berhasil

Persami ini di hadiri 5 Gugus dengan jumlah peserta sebanyak 300 lebih baik penegak maupun pembina.

Adapun acara api unggun merupakan Puncak Persami yang sangat dinanti-nanti seluruh peserta. Dengan khidmat seluruh peserta mengikuti rangkaian tersebut mulai dari persiapan sampai renungan. Gundukan kayu setinggi orang dewasa yang dibakar membuat kobaran api menjilat sangat tinggi. Seketika suasana gelap gulita berubah menjadi terang benderang sehingga wajah-wajah ceria terpancar dan terlihat jelas.


Bahkan disuasana ini semakin meriah lagi setelah puluhan biji kembang api di nyalakan, sehingga suasana yang hening bertambah meriah.

Secara keseluruhan, sambung Sumisteri, kegiatan Persami adalah wadah pembinaan peserta didik yang dikemas secara menarik, menantang dan juga menghibur. Para anggota pramuka bisa memaksimalkan potensi yang mereka miliki untuk menyalurkan semangat mereka yang membara serta memupuk kemandirian dirinya sejak dini.

Seperti halnnya dalam Persami, dalam kegiatan ini juga diadakan lomba memasak, lomba kebersihan tenda, cerdas cermat,hasta karya serta pentas seni.

“Sangat senang dan bahagia. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa karakteristik siswa saat ini sangat memprihatikan. Semoga atas ijin Allah SWT kegiatan kepramukaan yang dikemas dalam bentuk Perkemahan Sabtu dan Minggu (Persami) ini menjadi salah satu solusi dari keprihatinan itu,”tandas Sumisteri Trisnawati.

Kegiatan Persami ini diadakan setiap tahun dan dilakukan di akhir tahun pelajaran. ”Persami ini merupakan puncak acara dari ekstrakurikuler Pramuka yang wajib diikuti seluruh siswa dan siswi,”imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panitia Persami , Luluk D.W mengungkapkan, dia mengucapkan terima kasih kesemua pihak yang telah membantu lancarnya Persami ini, terutama kepada Dewan Kerja Ranting ( DKR) Sampanahan, apalagi Persami ini sekaligus dalam rangka mengenang Robert Baden Powell Day,” tandasnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.