Dapat Tambahan Blanko, Dukcapil Balangan Prioritaskan Pelajar

0

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Balangan mendapatkan tambahan blanko KTP Elektronik (e-KTP) sebanyak 4.000 lembar. Jumlah itu, diprediksi cukup untuk memenuhi kebutuhan penduduk Balangan hingga dua sampai tiga bulan mendatang.

KEPALA Disdukcapil Balangan, Hifziani mengungkapkan,  pada penggunaan blanko e-KTP ini diprioritaskan pada pemilik pemula. Yakni mereka yang baru berusia 17 tahun atau masih pelajar. Terlebih pihaknya juga telah melakukan perekaman e-KTP kepada para siswa SMA sederajat.

Untuk mereka yang belum tepat 17 tahun dan belum bisa mendapatkan blanko e-KTP, kata Hifziani, hanya saja direkam lebih dini dan masuk daftar tunggu. Blanko e-KTP yang sudah dicetak untuk siswa pun akan kembali diantar ke sekolah pascaproses verifikasi di kantor Disdukcapil Balangan.

BACA : Jemput Bola, Dukcapil Balangan Lakukan Perekaman E-KTP Bagi Pelajar SLTA

Khusus untuk pelayanan daerah terpencil, lanjut dia, dipilih daerah pinggiran atau terpencil agar pelayanan yang diberikan bisa merata disemua daerah. “Jika sebelumnya kami sudah mendatangi beberapa lokasi untuk melakukan pelayanan perekaman e-KTP dan dokumen kependudukan lainnya, maka daerah lain pun akan kami datangi kembali,” ujarnya.

Pelayanan dalam administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di daerah terpencil sendiri, menurut dia, disambut antusias oleh warga. “Warga sangat senang saat kami datang, karena memang selama ini akses ke tempat mareka medan yang dilalui cukup sulit,” bebernya.

Bukan hanya mendatangi daerah terpencil, pihaknya juga menurut mantan Kabag Tapem ini, juga menerima panggilan perekaman e-KTP bagi warga yang tidak mampu tak bisa datang ke Kantor Dukcapil untuk melakukan perekaman seperti lumpuh atau orang yang berkebutuhan khusus.

“Kami selalu berusaha memaksimalkan pelayanan kependudukan dan yang terpenting semua pelayanan dokumen kependudukan seperti KTP, Akta dan lainnya gratis,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.