ACT

STIE Indonesia Banjarmasin Laksanakan Audit Eksternal ISO 9001:2015

0 68

DALAM rangka meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) STIE Indonesia Banjarmasin  menyelenggarakan “Pelaksanaan Audit Sertifikasi ISO 9001:2015” oleh TUVRheinland, perusahaan dari Jerman yang berada di Indonesia.

KEGIATANNYA sendiri dilakanakan  di ruang Rapat  STIE Indonesia Banjarmasin,Jalan Hasan Basry, Kayu Tangi, Banjarmasin, Jumat 914/02/2020).

Ketua STIE Indonesia Banjarmasin Dr Yanuar Bachtiar dalam sambutannya antara lain mengatakan,  Sertifikasi ISO 9001:2015 ini sangat penting untuk mengupgrade sertifikasi ISO sebelumnya dengan ISO yang baru dengan berbasis risiko. “Hal ini nantinya akan mempengaruhi eksistensi STEI Indonesia di waktu yang akan datang,” ujarnya.

Ditambahkan Yanuar, Audit Eksternal ISO 2009:2015 ini juga menjamin bahwa mutu manajemen di STIE Indonesia Banjarmasin berjalan dengan baik. “Audit ini menggunakan standar yang baku, bahkan standar luar negeri yang dipergunakan di TUVRheinland,” tegasnya.

BACA: Menuju Akreditasi Unggul, STIE Indonesia Banjarmasin Kerjasama dengan UNS Surakarta

Dengan Audit Eksternal ISO 9001:2015 ini, Yanuar berharap mekanisme kerja di STIE Indonesia Banjarmasin berlaku secara internasional. Ia mengungkapkan, STEI Indonesia sudah hampir 10 tahun melakukan audit ini. “Jadi, ini merupakan sesuatu yang rutinitas di  STIE Indonesia Banjarmasin melakukannnya. Sehingga dalam audit itu semuanya terekam. Dalam istilah Tim Audit, itu semacam medical chekup,” ujarnya.

Sedangkan Pelaksanaan Audit Sertifikasi ISO 9001:2015 ini meliputi pemeriksaan pemenuhan persyaratan dokumen dan implementasi dokumen yang berkaitan dengan syarat ISO 9001:2015.

BACA JUGA: Dukung Pembangunan SDM, STIEI Banjarmasin Ucapkan Terima Kasih Kepada Paman Birin 

Pemeriksaan dimaksud meliputi Ruangan Ketua STIE Indonesia Banjarmasin, Ruangan Badan Penjaminan Mutu STIE Indonesia Banjarmasin, Ruangan Jurusan S1 Akutansi STIE Indonesia Banjarmasin, Ruangan Jurusan S2 Magister Manajemen STIE Indonesia Banjarmasin, Ruangan Biro Administrasi Akademik (BAK), Ruangan Bidang Kemahasiswaan, alumni dan kerjasama,  serta Ruangan Biro Administrasi Umum..

Dengan dikeluarkannya sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 oleh TUVRheinland, maka akan memberikan banyak manfaat. Salah satunya, memberikan jaminan kualitas dan mutu.

“Selain digunakan sebagai senjata untuk bersaing dengan institusi lain, ISO 9001:2015 juga menjadi penjamin mutu suatu institusi. Hal ini akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada institusi akan memberikan proses layanan yang prima, baik dari segi akademik maupun administrasi,” tandasnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.