Sumpitan Dipertandingkan, Jatim Siap Tuan Rumah Porwanas 2020

0

DIBUKA Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan didampingi Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Pusat, Agwa Ariwangsa dan Kepala Dispora Kalsel, Hermansyah di Hotel Aria Barito, Banjarmasin, Jumat (7/2/2020), dihelat Rapat Kerja Nasional (Rakernas).

HASILNYA, ada 10 cabang olahraga prestasi, dua olahraga tradisional dan dua kategori ketangkasan wartawan akan dilombakan di Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2020 di Jawa Timur, ditetapkan dalam Rakernas SIWO se-Indonesia di Banjarmasin.

Dalam Rakernas SIWO ini, Ketua SIWO Jawa Timur Erwin Muhammad  bersama Pemprov Jawa Timur mempresentasikan kesiapannya menjadi tuan rumah even olahraga antar wartawan ini.

Erwin menyebut seluruh persiapan dari akomodasi, transportasi, venue, konsumsi dan seluruh keperluan untuk Porwanas digeber pada 1-6 September 2020 di Malang Raya, sudah matang.

BACA : Beben dan Ayay Rajai Turnamen Biliar Papadaan Jurnalis Tahun 2018

Ada 10 cabang olahraga yang akan dipertandingkan adalah atletik, biliar, boling, bridge, bulutangkis, catur, futsal, sepakbola, tenis dan tenis meja.

“Selain itu, ada dua cabang olahraga tradisional yang dipertandingkan yakni sumpitan dan balap bakian. Sedangkan, lomba lainnya adalah lomba karya tulis dan lomba foto jurnalistik,” ucapnya.

Erwin mengungkapkan untuk lomba olahraga tradisional diperuntukkan bagi pengurus PWI dan anggota SIWO yang tidak bertanding di cabang olahraga pokok. Namun, ia menegaskan even itu terbuka bagi semua kontingen dari seluruh Indonesia.

“Ada 28 medali emas dari 10 cabang olahraga yang akan dipertandingkan selama lima hari di Malang Raya. Terutama, untuk nomor-nomor cabor prestasi,” ucapnya.

BACA JUGA : Andalkan Dayung, Kalteng Loloskan 18 Cabor ke PON Papua 2020

Senada itu, Ketua SIWO Pusat Agwa Ariwangsa mengakui dalam Rakernas SIWO di Banjarmasin, ada beberapa masukan soal pengurangan dan penambahan yang masih dipertimbangkan pihak tuan rumah.

Ariwangsa berpandat hal itu merupakan hak tuan rumah, karena semua hasil Rakernas SIWO di Banjarmasin akan tetap dipertimbangkan untuk diinformasikan kemudian.

Ini Nomor Pertandingan di Porwanas Jatim 2020

Cabang Atletik mempertandingkan dua nomor dengan dua medali emas yakni Lari 3.000 meter untuk atlet usia 40 tahun keatas dan jarak 5.000 meter untuk usia 27-39 Tahun

Cabang Biliar, memperebutkan 5 medali Emas yakni untuk nomor Bola 9 Tunggal 27 tahun, Bola 9 Ganda, Bola 9 Beregu, Bola 8 Tunggal dan Bola 8 Ganda.

Bulutangkis menyediakan 3 medali emas, untuk Perseorangan (ganda) 27 – 39 Tahun, Perseorangan (ganda) 40 Tahun Keatas dan  Beregu dengan Total Usia.

Catur menyediakan 2 medali emas untuk nomor Perseorangan (catur cepat) 27 tahun, dan Beregu (catur cepat) 27 tahun.

Bridge juga menyiapkan dua medali emas, untuk Pasangan 27 tahun dan Kawan Empat 27 tahun.

BACA JUGA : Kalsel Target Dulang 14 Medali Emas di PON 2020 Papua

Tenis Meja, memperebutkan 3 medali emas untuk nomor-nomor Perseorangan (tunggal) 27-39 tahun dan Perseorangan (tunggal) 40 tahun keatas, dan Beregu Total Usia.

Sepakbola hanya mempertandingkan satu kategori  untuk tim usia 27 tahun keatas.

Futsal kembali mempertandingkan dua kategori usia yakni 27-35 tahun dan 40 keatas.

Cabang Tenis lapangan memperebutkan 3 medali emas untuk Perseorangan (ganda) usia 27 – 39 tahun dan Perseorangan (ganda) 40 tahun keatas serta Beregu Total Usia.

Cabang Bowling yang akan dipertandingkan di Surabaya akan memperebutkan 5 medali emas untuk nomor Perseorangan 27 tahun dan Ganda Trio Master.(jejakrekam)

Penulis Deden
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.