Antisipasi Bencana, BPBD Balangan Dirikan Posko Siaga

0

MEMASUKI musim rawan bencana, Pemkab Balangan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan telah membangun posko siaga, sebagi bentuk kesiap-siagaan.

POSKO siaga yang didirikan Januari lalu ini bertempat di halaman Masjid Al Akbar dan stanbay 24 jam, dengan personal TRC 5 orang, Tagana 2 orang, Kepolisian 2 orang, Serta TNI 2 orang.  

Kepala BPBD Kabupaten Balangan Alive Yoesfah Love mengatakan, keberadaan posko siaga bencana ini mengantisipasi tingginya angka musibah bencana banjir jika nanti terjadi.

BACA: Antisipasi Longsor Dan Abrasi, BPBD Balangan Berencana Pasang Siring

Pendirian posko siaga bencana ini sendiri, kata Alive, merupakan langkah awal mengantisipasi terjadinya musibah banjir maupun musibah lainnya.

Posko ini, kata Alive bertugas untuk memantau potensi musibah yang akan terjadi serta melakukan langkah cepat saat musibah terjadi.

“Jadi posko ini menjadi sentra koordinasi pencegahan dan penanganan musibah,” ujar Alive.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Balangan, melakukan rapat koordinasi (rakor) penetapan status siaga darurat bencana banjir akibat hujan deras, tanah longsor, angin puting beliung luapan air sungai Kabupaten Balangan tahun 2020 beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Kabut Asap Pekat Selimuti Balangan, BPBD Bagikan Masker

Bupati Balangan, Ansharuddin mengatakan, rakor ini bertujuan untuk melakukan kesiapan serta menangani penanggulangan bencana yang terjadi di Kabupaten Balangan.

“Kita akan mempersiapkan lebih awal yaitu berupa posko dan nanti ada jadwal untuk petugas yang akan melaksanakannya,” tuturnya.

Ansharuddin menambahkan, bencana yang sering terjadi pada saat musim hujan di Kabupaten Balangan, yaitu banjir dan tanah longsor, serta kebakaran pun bisa juga terjadi. “Namun kita berharap mudah-maudahan tidak akan terjadi, serta kita siap menolong masyarakat, karena bagaimanapun yang terkena musibah pasti mengharapkan pertolongan,” harapnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.