Kembali, Pipa Milik PDAM Intan di Jalan Gubernur Syarkawi Bocor

0

SEJAK Kamis (30/1/2020) pasokan air bersih dari PDAM Intan Banjar tidak mengalir ke rumah para pelanggan. Hal itu akibat terjadinya kebocoran pipa di Jalan Gubernur Syarkawi, Kecamatan Gambut.

KEBOCORAN pipa dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Syarkawi ini sudah sering terjadi di sekitar lokasi yang sama dan seperti sudah menjadi langganan bocor. Sebab, selalu terulang kembali, dan mengakibatkan krisis air bersih di masyarakat.

Direktur Teknik PDAM Intan Banjar Said Umar ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa telah terjadi kebocoran pipa. Untuk itu pihaknya telah mengirim para pekerja untuk memperbaiki pipa yang bocor di Jalan Gubernur Syarkawi tersebut.

“Daerah yang terdampak meliputi Kecamatan Sungai Tabuk, Gambut, dan Kecamatan Kertak Hanyar,” jelasnya.

BACA : Pipa Bocor, Tujuh Ribu Pelanggan PDAM Intan Banjar Krisis Air Bersih

Dampak dari terhentinya pasokan air bersih ini lebih dari 10 ribu pelanggan PDAM Intan Banjar kesulitan air bersih atau bahkan krisis air bersih. Terlebih lagi para pemilik warung makan yang ada di 3 kecamatan terdampak.

Nurhasanah (33 tahun) seorang ibu rumah tangga mengatakan, 3 hari terakhir ia dan keluarga terpaksa harus membeli air galon.

“Saya bersama para tetangga disini terpaksa beli air galon untuk keperluan sehari-hari, bahkan untuk mandi. Andai ada mobil tanki air PDAM yang bagikan air kesini setidaknya tidak terlalu parah krisis air bersih ini,” ujar ibu rumah tangga yang juga pemilik warung di Sungai Tabuk ini, Minggu (2/2/2020).

Sementara itu saat dipantau langsung di lapangan ada 2 titik kebocoran dengan jarak antar titik sekitar 500 meter.

Menurut pekerja di lapangan pihaknya berusaha semaksimal mungkin mengatasi kebocoran, namun ada kendala. ‘Kendalanya hidrolik untuk menyambung atau mengelas pipa rusak, dan tidak ada lagi. Jadi kita usahakan seadanya dulu,” ungkapnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.