ACT

Andalkan Dayung, Kalteng Loloskan 18 Cabor ke PON Papua 2020

0 49

SATUAN Pelaksana (Satlak) Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) Kalimantan Tengah, mencatat sebanyak 18 cabang olahraga (cabor) dipastikan lolos ke PON XX di Papua, 20 Oktober-2 November 2020.

“SEBENARNYA 19 cabor yang lolos. Namun tenis meja tidak dipertandingkan di PON. Ini sangat disayangkan, karena merupakan salah satu andalan Kalteng untuk mendulang medali,” kata Sekretaris Satlak, Safrudin kepada awak media di Palangka Raya, Rabu (29/1/2020)

Safrudin menjelaskan, dari 18 Cabor yang lolos ke PON tersebut ada yang lolos murni dengan meraih medali, tapi ada juga yang lolos karena memenuhi jumlah kuota dan ada karena jatah. Tujuh cabor di antaranya, memiliki peluang untuk mendapatkan medali, seperti dayung dan panahan.

BACA : Membanggakan, Tiga Pesilat Kalsel Rebut Tiket PON Papua 2020

Menurut Safrudin, jika dilihat prestasi PON sebelumnya cabor-cabor ini berhasil menyumbangkan medali emas untuk Kalteng di PON XIX, 2016, Jawa Barat (Jabar).

Namun, beber dia, karena saat ini Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalteng belum memiliki pengurus definitif, sehingga hasil tersebut diserahkan ke Gubernur Kalteng.

“Nantinya, gubernur yang akan menentukan apakah semua cabor yang lolos diberangkatkan atau hanya yang berpotensi meraih medali,” ucapnya. 

BACA JUGA : Target 9 Emas Dayung di PON Papua Bukan Mustahil

Namun, Safrudin menyarankan, agar cabor yang berpotensi meraih medali saja yang dikirim. Hal ini demi menghemat anggaran, mengingat biaya yang dibutuhkan untuk bisa berlaga di PON Papua tidak sedikit.

Adapun cabor yang lolos PON yakni menembak, softball, golf, sepeda, sepak takraw, atletik, binaraga, biliar, voli pasir, bermotor, panahan, tenis meja, catur, bulutangkis, panjat tebing, dayung, sepakbola, anggar dan tinju.(jejakrekam)

Penulis Tiva
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.